Halal Fair-HIITS 2023 Digelar di ICE BSD Tangerang

(Foto: Rana/MINA)

Tangerang, MINA – Pameran Fair Series resmi dibuka oleh Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) DKI Jakarta, Tito Maulana pada Jumat (8/12).

Event yang diselenggarakan oleh Wahyu Promo Citra ini akan berlangsung selama tiga hari mulai 8-10 Desember 2023 di Hall 3-3A, ICE BSD, Tangerang.

Dalam sambutannya, Tito Maulana mengapresiasi komitmen dan konsistensi Wahyu Promo Citra yang menggelar Halal Fair Series sejak 2019. Menurutnya, event ini menjadi wahana strategis untuk mewujudkan pasar produk halal yang kondusif, memperkuat ekosistem halal, sekaligus berkontribusi bagi pengembangan UMKM halal.

“Saya berharap Halal Fair & Halal Indonesia International Trade Show 2023 dapat mendorong akselerasi pengembangan UMKM untuk go global sekaligus memperkuat industri halal di tanah air. Jika industri halal kuat, maka akan mendorong pertumbuhan ekonomi,” kata Tito Maulana.

Berkonjungsi dengan Halal Indonesia International Trade Show (HIITS), gelaran yang mengangkat slogan “The Most Inspiring Halal Event” ini memadukan konsep Business to Customer (B2C) dan Business to Business (B2B).

Project Director Wahyu Promo Citra, Satrio Sukur, mengatakan event ini menjadi momentum tampilnya produk-produk UMKM lokal berkualitas yang bisa memberikan solusi dan pilihan yang tepat bagi konsumen.

“Ekosistem ekonomi halal harus kita perkuat, salah satunya dengan penyelenggaraan event yang dapat mendorong berkembangnya gaya hidup halal dan membangkitkan kembali kesadaran khususnya bagi pelaku usaha untuk lebih meningkatkan kapasitas usahanya, khususnya pengurusan sertifikasi halal,” ungkap Satrio Sukur.

Selama penyelenggaran Halal Fair–HIITS 2023, Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) siap memberikan konsultasi dan pelayanan sertifikasi halal secara gratis. Juga, memberikan kesempatan bagi pelaku usaha untuk memperluas jejaring melalui kerja sama kemitraan dengan pelaku usaha lainnya di dalam dan luar negeri.

Halal Fair – HIITS 2023, sebagai gelaran pamungkas tahun ini, diselenggarakan dengan skala yang lebih besar dari pameran sebelumnya, siap menyuguhkan hal menarik untuk pengunjung.

Halal Fair – HIITS 2023 diikuti oleh 250 exhibitor dari dalam dan luar negeri, antara lain dari Malaysia, Palestina, Tunisia, Jepang, Arab Saudi dan Sudan.

Bekerja sama dengan sejumlah agregrator ekspor berpengalaman, event B2B diselenggarakan secara hybrid dalam bentuk rangkaian seminar edukasi bisnis ekspor-impor, workshop, buyers night sampai business matching.

Halal Fair – HIITS 2023 untuk suguhan B2C akan diramaikan dengan bazar produk dari berbagai sektor bisnis seperti Food & Beverage (F&B), fashion, travel agent, sekolah dan buku Islam.

Pameran ini juga menjadi ajang penguatan kapasitas UMKM halal dan peningkatan literasi ekonomi dan keuangan syariah. Berbagai acara seperti halal talkshow, halal beauty class, halal food talk, cooking & live baking show, sampai parenting bisa diikuti seluruh pengunjung.

Selama event berlangsung, Halal Fair juga menyediakan pilihan donasi untuk Palestina di link pembelian tiket online.

Pada 2019 dan 2022, acara ini bernama Halal Indonesia Expo (HIEX), dengan total pengunjung 47.000 orang. Tahun ini, dilakukan re-branding menjadi Halal Indonesia International Trade Show (HIITS).(L/R1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)