HAMAS BANTAH SEPAKATI GENJATAN SENJATA 24 JAM

SAMI ABU ZUHRI

SAMI ABU ZUHRI
source by Press.tv

Gaza, 3 Syawal 1435/30 Juli 2014 (MINA) – Hamas membantah telah menerima kesepakatan selama 24 jam, jadi bertentangan dengan klaim sebelumnya oleh pemimpin Palestina, Yasser Abed Rabbu.

Dr Sami Abu Zuhri, berbicara untuk Hamas, mengatakan bahwa “pernyataan Yasser Abed Rabbu bahwa Hamas setuju untuk gencatan senjata selama 24 jam tidak benar dan tidak ada hubungannya dengan Hamas.”

Dia menambahkan “Kami akan mempertimbangkan gencatan senjata ketika melakukannya dengan jaminan internasional”. Demikian Kantor Berita Maan yang dikutip Miraj Islamic News Agency (MINA), Rabu.

Dilaporkan bahwa semua faksi politik Palestina menyatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka bersedia untuk memberikan tanggapan positif terhadap proposal yang meminta genjatan senjata selama 72 jam.

Pernyataan itu disampaikan pada pertemuan darurat yang diadakan pada Selasa di Ramallah yang dipimpin oleh Presiden Mahmoud Abbas.

Pernyataan itu mengungkapkan pula, Otoritas Palestina, Hamas, dan Jihad Islam memutuskan bahwa delegasi Palestina bersatu akan menuju ke Kairo untuk membahas langkah yang akan datang.

“Kami menyerukan kepada semua pihak Arab dan internasional untuk mendukung langkah ini dan meminta Israel bertanggung jawab bila menolak usulan ini setelah semua fraksi menerimanya, “kata pernyataan itu.

Pasukan Israel menewaskan 10 anak-anak Palestina dan melukai 45 orang lain, meningkatkan jumlah syahid 1.175 orang dan 6.900 luka-luka.

Perang Israel juga menyebabkan kerusakan 2.330 unit rumah dan menyebabkan kerusakan parsial untuk 23,160 unit lainnya, 2.080 unit diantaranya menjadi tidak layak huni, menurut informasi awal yang dikeluarkan oleh Departemen Pekerjaan Umum Palestina.
Pihak Hamas mengklaim telah menewaskan 110 anggota tentara Israel.

Israel mengatakan 48 tentara serta tiga warga sipil telah tewas sejak awal operasi pada tanggal 7 Juli, sedangkan sayap militer Hamas mengatakan telah menewaskan 110 tentara Israel dan menahan seorang tentara Israel sebagai sandera.(T/P08/IR)
Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0