Hamas dan Koordinator Khusus PBB Diskusikan Persatuan Palestina

Gaza, MINA – Kepala Biro Politik Gerakan Hamas, Ismail Haniyeh, dan Koordinator Khusus PBB untuk Proses Perdamaian Timur Tengah, Nikolay Mladenov, mengadakan diskusi mengenai perkembangan menciptakan persatuan nasional Palestina, Senin malam (19/10).

Pertemuan ini dilakukan secara virtual, menurut pernyataan gerakan tersebut. Quds Press melaporkan.

“Persatuan nasional adalah pilihan strategis bagi gerakan,” menurut pernyataan itu.

Haniyeh menyampaikan tahapan-tahapan dialog yang sedang berlangsung dengan Fatah dan faksi Palestina lainnya.

“Prospek menjanjikan terus berjalan untuk mencapai kesepakatan nasional yang komprehensif guna melindungi tujuan Palestina, dan untuk mencapai kemitraan nasional. Semua pihak merasakan keseriusan tantangan yang sedang dilalui perjuangan Palestina dan bahaya bersama,” ujar Haniyeh.

Haniyeh memuji “iklim kondusif yang ada dalam dialog, dan semangat patriotik tinggi yang ditunjukkan setiap pihak selama tahapan ini.”

Sementara itu, Nikolai Mladenov, menyatakan “dukungan PBB untuk semua langkah yang akan mencapai rekonsiliasi nasional Palestina dan membangun sistem politik Palestina di atas fondasi demokrasi.”

Dia menekankan “pentingnya melanjutkan suasana positif yang ada untuk mencapai kesepakatan nasional Palestina.”

Dalam sebulan terakhir, delegasi dari Hamas dan Fatah mengadakan pertemuan di Istanbul, dan menyepakati visi dialog nasional yang komprehensif, dengan partisipasi faksi-faksi Palestina lainnya. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)