Hamas Donasikan Rp 1,4 Miliar untuk Pengungsi Palestina di Lebanon

Kamp pengungsi Palestina di Lebanon (foto: istimewa)

Beirut, MINA – Gerakan perlawanan Palestina di Gaza, Hamas mendonasikan 100 juta dolar AS atau sekitar Rp 1,4 miliar untuk pembangunan Kamp pengungsi Palestina Nahrul Barid di Lebanon.

Hamas melalui anggota biro politiknya, Khalil al-Hayyah mengatakan, dana tersebut dikumpulkan dari warga Gaza lewat kampanye donasi untuk kepentingan warga Palestina di kamp pengungsi Lebanon, demikian dikutip dari Palestinian Information Center (Palinfo), Senin (14/10).

Meski warga Gaza menderita sejak 13 tahun lalu oleh perang dan blokade Zionis Israel, namun hal itu tidak menghalangi mereka untuk mengirimkan bantuan melalui kampanye donasi yang digagas Hamas.

Sementara itu, pejabat politik Hamas di kamp Nahrul Barid, Abdul Rahim Syarif mengatakan, donasi itu digunakan untuk memperbaiki jalan yang sudah dimulai sejak dua hari lalu dan berakhir Senin ini.

Proyek perbaikan jalan mencapai 200 meter, di sepanjang perlintasan Masjid At-Taqwa sampai kantor Shaiqah, yang memisahkan kamp menjadi dua bagian.

Dalam wawancaranya dengan Quds Press, Syarif menyebutkan, jalan dibangun dari awal dengan memasang bebatuan dan beton, sehingga mudah untuk dilewati kendaraan.

Perbaikan ini akan mengurangi kemacetan jalan utama, dan memudahkan lalu lintas para siswa menuju sekolah mereka.

Hamas juga tengah mengupayakan perbaikan di jalur listrik, sesuai anggaran yang dikumpulkan dari donasi warga Gaza.

Disebutkan, pengungsi Palestina di Libanon memiliki dua masalah utama anatara lain, pengangguran mencapai 56 persen dan kemiskinan mencapai 72 persen.

Seorang pengungsi Palestina, Ummu Muhammad dalam wawancaranya dengan Quds Press menyampaikan terimakasih kepada segenap warga Gaza atas donasi mereka, meski dalam kesulitan , Gaza hadir dengan bantuannya untuk saudara mereka. (T/Sj/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)