Hamas Janjikan Akan Banyak Kesepakatan Pertukaran Tahanan dengan Israel

Gaza, MINA – Gerakan Perlawanan Islam Palestina, Hamas berjanji  akan ada “banyak” kesepakatan pertukaran tahanan dengan Israel.

“Kami telah mengerahkan banyak upaya untuk membebaskan tahanan kami dari penjara Israel,” kata pejabat Senior Hamas Rawhi Mushtaha dalam keterangannya, Selasa (22/11), seperti dikutip MEMO.

“Kami tidak menjanjikan satu kesepakatan pertukaran, tetapi banyak,” tambahnya.

Mushtaha merupakan mantan tahanan, ia menghabiskan lebih dari dua dekade di penjara Israel dan dibebaskan dalam pertukaran tahanan yang dicapai antara Hamas dan Israel pada tahun 2011.

“Tidak ada batasan upaya yang dilakukan oleh Hamas untuk membebaskan para tahanan. Kami membela mereka dengan segala cara yang mungkin,” ujarnya.

Ia juga memperingatkan Israel untuk tidak menyakiti tahanan Palestina.

“Setiap serangan terhadap para tahanan tidak akan berlalu tanpa pertimbangan. Menyakiti mereka berarti merugikan semua warga Palestina,” kata Mushtaha.

Menurut sebuah laporan, hingga September, jumlah tahanan Palestina yang ditahan oleh Israel adalah 4.760, termasuk 820 tahanan administratif yang ditahan tanpa dakwaan atau pengadilan, 160 anak-anak dan 33 wanita. (T/R6/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)