Hamas Kecam Dubes AS Soal Poster Al-Aqsha Diganti Kuil Yahudi

 

Gaza City, MINA – Juru bicara Gerakan Hamas, Fawzi Barhoum, mengecam Duta Besar AS untuk Israel, David Friedman, karena menerima gambar Yerusalem dari kelompok pemukim Yahudi, yang menunjukkan Al-Aqsha diganti dengan kuil Yahudi.

Dalam sebuah pernyataan pers pada hari Rabu (23/5/2018), Barhoum menggambarkan perilaku Friedman yang tersenyum ketika menerima gambar sebagai tindakan rasis yang mencerminkan kemitraan serius AS-Israel dalam menyerang tempat-tempat suci Palestina, Arab dan Islam.

Barhoum menganggap langkah ini sebagai menghasut pembongkaran Masjid Al-Aqsha.

“Kami menyerukan untuk mengambil tindakan serius oleh orang-orang Arab dan Muslim untuk melindungi situs suci dan untuk mendukung ketabahan orang-orang di Yerusalem,” ujarnya.

Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Israel David Friedman itu menampilkan foto Al-Aqsha seukuran poster diganti Kuil Sinagog (Temple Mount) Yahudi.

Foto editan tersebut yang tampak seperti menggambarkan sebuah kuil ketiga yang akan dibangun kembali di Temple Mount, tempat Masjid Al-Aqsha saat ini berdiri.

Menurut sumber The Jerusalem Post edisi Selasa (22/5/2018), Friedman menerima gambar tersebut dari seorang aktivis dari LSM Achiya, yang bekerja untuk memastikan hak-hak anak-anak dengan ketidakmampuan belajar dan memimpin tur Friedman pada saat itu. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Comments: 0