Hamas Puji Dukungan Aljazair dan 13 Negara Tolak Israel dari Uni Afrika

Gaza, MINA – , dalam sebuah pernyataan pers pada Ahad (1/8), memuji posisi Aljazair yang mendukung perjuangan Palestina dan menolak normalisasi dengan .

Hamas menghargai upaya Aljazair mengusir Israel dari (AU), dan meminta negara-negara Arab untuk mengambil sikap setuju dengan rakyat mereka, dalam menolak normalisasi dengan Israel, demikian Palinfo melaporkan, Senin (2/8).

Menurut laporan media, Aljazair setuju dengan 13 negara Afrika untuk mengusir Israel dari Uni Afrika.

Aljazair mulai membentuk blok Afrika yang menentang masuknya Israel ke Uni Afrika. Menurut laporan, Afrika Selatan, Tunisia, Eritrea, Senegal, Tanzania, Niger, Komoro, Gabon, Nigeria, Zimbabwe, Liberia, Mali dan Seychelles bergabung dengan blok ini.

Ramtane Lamamra, Menteri Luar Negeri Aljazair mengatakan, negaranya tidak akan tinggal diam menghadapi langkah Uni Afrika semacam itu dalam memberikan status pengamat kepada Israel tanpa berkonsultasi dengan para anggota.

Aljazair mengumumkan sepekan lalu bahwa menteri luar negerinya sedang mempersiapkan tur Afrika, yang akan membawanya ke Tunisia, Mesir, Ethiopia, dan Sudan untuk memblokade pengaruh Israel di lembaga-lembaga Afrika serta menghadapi langkah pemberian status pengamat Israel di Uni Afrika. (T/R6/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)