HAMAS SIAP KERJASAMA DENGAN ICC

Pejabat senior Hamas, Khalil Al-Hayya " Hamas Siap Bergabung dengan ICC (Foto : Dok MEMO)
Pejabat senior , Khalil Al-Hayya ” Hamas Siap Bergabung dengan (Foto : Dok MEMO)

Gaza, 22 Jumadil Akhir 1436/11 April 2015 (MINA) – Anggota senior Hamas Khalil Al-Hayya mengatakan, pihaknya siap bekerjasama dalam penyelidikan kejahatan kemanusiaan yang diprakarsai Pengadilan Kriminal (ICC) di Gaza.

Pada saat yang sama, Hamas menyatakan tidak akan menghentikan perlawanan dan akan terus membela rakyat dalam pertempuran melawan pendudukan Israel.

Khalil Al-Hayya menegaskan hal itu dalam konferensi Press yang berjudul, “Palestina dan keadilan di Internasional” yang diselenggarakan oleh Al-Mezan Pusat Hak Asasi Manusia (HAM), Kamis (11/4) lalu.

Hamas siap menghadirkan saksi dan bukti di hadapan ICC. Al-Hayya menekankan, Hamas mematuhi hukum internasional, Middle East Monitor (MEMO) diberitakan Mi’raj Islamic News Agency (MINA) melaporkan.

Al-Hayyeh menambahkan, menuntut para pemimpin Israel atas kejahatan mereka terhadap rakyat Palestina di ICC sebagai “pertarungan politik yang kompleks”.

Palestina secara resmi menjadi anggota penuh dari Mahkamah Pidana Internasional pada April 1 lalu. Selanjutnya, Palestina dapat menuntut para pejabat Israel atas kejahatan yang mereka lakukan terhadap rakyat Palestina.

Sebelumnya dalam pernyataan Menteri Luar Negeri Palestina, Riyad Al-Maliki berjanji “Otoritas Palestina siap untuk menyerahkan setiap tersangka dari pihak Palestina ke pengadilan jika memang terbukti bersalah”. (T/P002/R03)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0