Hamas: Usulan Gencatan Senjata Israel Bukanlah Tawaran Yang Serius

Anggota Biro Politik Hamas, Osama Hamdan mengadakan konferensi pers di Beirut, Lebanon pada 07 Februari 2024. (Photo: Wassim Samih Seifeddine/Anadolu Agency)

Beirut, MINA – , pejabat senior di Lebanon, mengatakan bahwa usulan pendudukan dalam konteks perundingan untuk membebaskan tawanan perang yang ditahan di , adalah penarikan dari usulan yang dirumuskan di Paris dan membuktikan bahwa pendudukan Israel tidak serius mengenai progres pembebasan para tawanan. Demikian dikutip dari Memo, Rabu, (14/2).

Menurut Hamdan, delegasi Hamas di Kairo membahas tanggapan pendudukan Israel terhadap usulan yang diajukan di Paris. Hamdan menambahkan bahwa Israel “menempatkan hambatan yang membuat mustahil mencapai kesepakatan.”

Usulan Israel, jelasnya, tidak menjamin kebebasan bergerak, kembalinya pengungsi, atau penarikan pasukannya dari dan tidak membahas masalah pembukaan penyeberangan untuk memberikan perawatan medis kepada yang terluka.

Baca Juga:  Khutbah Jumat: Menghayati Makna Ibadah  

“Perilaku dan posisi (Perdana Menteri pendudukan Israel), Netanyahu menegaskan bahwa dia melanjutkan kebijakan penghindaran dan penundaan, tidak tertarik untuk mencapai kesepakatan, dan mencoba memperpanjang perang dan mengulur waktu untuk pertimbangan pribadi terkait masa depan politiknya.”

Dia menekankan bahwa gerakan Hamas berkomitmen pada pendiriannya dan masih ingin mencapai kesepakatan yang dapat mencapai penghentian agresi terhadap rakyat , penarikan tentara pendudukan dari Jalur Gaza, bantuan bagi rakyat Palestina, dan perdamaian, kembalinya masyarakat ke daerah mereka, rekonstruksi, pencabutan blokade di Jalur Gaza, dan penyelesaian pertukaran tahanan.

“Netanyahu melanjutkan kebijakannya untuk melarikan diri dari kenyataan dan berbohong kepada audiensnya,” kata Hamdan. “Kebenaran yang dapat dilihat seluruh dunia adalah bahwa dia masih terjebak di jalanan Khan Yunis, mengalami pendarahan setiap hari, baik korban tewas maupun luka-luka, dan menarik kendaraan yang hancur.” (T/B03/P1)

Baca Juga:  Ammo Baba, Pelatih Bola Legendaris Irak

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: hadist

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.