Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Hamid Patilima: Anak Hebat Lahir dari Orangtua Hebat

Widi Kusnadi Editor : Arif R - 19 detik yang lalu

19 detik yang lalu

0 Views

Ustadz hamid Patilima, Tenaga Ahli Perlindungan Anak menjadi narasumber di acara Talkshow Parenting. (foto: MINA)

Bekasi, MINA – Pakar pendidikan anak usia dini, Dr Hamid Patilima mengatakan, anak yang hebat lahir dari ayah dan ibu yang hebat.

Hal itu ia sampaikan di acara Open Hause dan Parenting yang diselenggarakan SMP-SMA IT Insan Mandiri Cibubur di Auditorium Munif Chatib, pada Sabtu (19/10).

Hamid Patilima yang juga merupaka narasumber Radio Silaturahim (Rasil) itu juga mengatakan sebagai modal menjadi orangtua, pengetahuan tentang anak harus dipelajari.

Ia menekankan tentang kompetensi yang harus dimiliki oleh orang tua, diantaranya: Pertama, ayah dan ibu harus memiliki kemampuan untuk mendeteksi perkembangan anak, mulai dari kandungan hingga anak itu besar dan yang diajarkan adalah tentang agama dan akhlak.

Baca Juga: PW PRIMA DMI Jabar-Binmas Polda Jabar Bahas Penguatan Sinergi

Kedua, aspek nilai-nilai Pancasila harus diajarkan kepada anak-anak. Ketiga, Aspek emosi dan sosial, ketika anak sudah mulai belajar marah-marah itu merupakan contoh dari ayahnya yang selalu marah kepada ibunya, sebaliknya jika anak itu selalu tersenyum itu juga datang dari ayahnya yang selalu tersenyum kepada ibunya.

Keempat, Anak adalah manusia yang mempunyai harkat dan martabat, maka pentingnya makanan dan minuman yang halal. Lalu tentang kekerasan, pornografi dan diskriminasi merupakan poin yang harus diperhatikan orang tua kepada anaknya.

Terakhir selalu minta pendapat dari anak sehingga dapat meningkatkan kepercayaan diri anak.

Selanjutnya anak harus diberikan keteladanan dan contoh yang baik, mulai dari hal-hal mendasar seperti ketertiban.

Baca Juga: Budaya Literasi Perkuat Perjuangan di Jalan Allah

Acara tersebut dihadiri oleh para stakeholder yayasan, murid dan para wali murid. Beberapa rangkaian acara juga ditampilkan di acara tersebut seperti, Tari Saman, Paskibra, Panahan, dan drama tentang Palestina. [Ft]

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Mahasiswa USK Ciptakan Losion Anti Nyamuk dari Jeruk dan Ikan Tuna

Rekomendasi untuk Anda

MINA Millenia
MINA Millenia
Indonesia
Indonesia
Palestina