Haniyah: Hamas Terbuka untuk Dialog Nasional yang Inklusif

Gaza, MINA – Kepala Biro Politik Hamas Ismail Haniyah telah menegaskan kembali keterbukaan gerakannya untuk dialog komprehensif di Kairo yang bertujuan untuk mengakhiri perpecahan nasional dan menata rumah Palestina.

“Gerakan Hamas terbuka untuk dialog inklusif yang mengarah pada penataan rumah internal kita, mengakhiri perpecahan, membangun sistem politik berdasarkan prinsip kemitraan politik dan pluralisme dan menghormati kemauan rakyat kita,” kata Haniyah dalam siaran pers pada hari Senin (8/2), Palinfo melaporkannya.

“Dialog Kairo adalah puncak dari proses efektif yang dimulai berbulan-bulan lalu, di mana kami bekerja sama dengan para bruder di Gerakan Fatah dan semua faksi, termasuk pertemuan sekretaris jenderal dan pemahaman Istanbul,” ujarnya.

“Namun, tahapan saat ini menjadi sangat penting dalam hal tempat pertemuan, waktu, dan agenda dialog yang mencakup kesepakatan tentang penyelenggaraan pemilu yang bebas dan adil untuk diikuti oleh rakyat Palestina di dalam dan luar negeri,” tambahnya.

Dia juga mengatakan bahwa dialog ini juga harus mengarah pada membuka pintu untuk membangun kembali Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) melalui penyelenggaraan pemilihan Dewan Nasional Palestina, dan juga mengarah pada pemulihan prestise proyek nasional Palestina serta mencapai kesepakatan tentang program politik. mampu berdiri di hadapan upaya untuk melikuidasi perjuangan Palestina.

Delegasi tingkat tinggi dari Hamas yang dipimpin oleh Wakil Kepala Biro Politik Saleh Al-Aruri tiba di Kairo pada hari Ahad (7/1) untuk berpartisipasi dalam pembicaraan nasional yang bertujuan untuk memulihkan keretakan di wilayah Palestina. (T/R7/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)