Seorang Siswa MAN IC Batam Dapat Beasiswa di Deemed University India

Batam, MINA – Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Kota Batam, berhasil diterima di Universitas Symbiosis International (Deemed University),  beasiswa tersebut hanya diberikan 8 kuota kepada siswa sedunia.

Fakhri Wijayanto, siswa lulusan tahun 2020 dinyatakan lulus seleksi program beasiswa Study in India (SII) Scholarship Program, yang merupakan program beasiswa penuh dari pemerintah India. Ia mengambil jurusan Ilmu Komunikasi dan Informasi, kemudian akan menjalani kuliahnya selama 3 tahun. Demikian Keterangan pers yang dikutip MINA Jum’at (25/9).

Ia dinyatakan lolos seleksi dan mendapat beasiswa dengan kategori Fully Funded (Beasiswa penuh) dengan beasiswa penuh. Itu merupakan mimpinya sejak awal masuk MAN IC Batam.

“Rasa syukur dan senang yang tak terhingga. Sejak awal masuk MAN IC Batam, mimpi saya adalah bisa kuliah ke luar negeri dengan beasiswa penuh. Alhamdulillah, Allah mudahkan segala urusannya,” kata Fakhri, Jumat (25/9).

Selama menjadi mahasiswa, ia akan tinggal di asrama kampus sebagai bagian dari program beasiswa tersebut. Setiap tahunnya, besaran beasiswa yang diberikan sejumlah INR 250.000 atau setara 50 juta rupiah. Jumlah tersebut sudah termasuk biaya pendidikan dan biaya hidup di asrama. Setiap tahun, pihak kampus akan mengevaluasi program beasiswa tersebut untuk kelanjutan beasiswanya.

Fakhri berharap dan meminta doa agar dalam masa studinya, ia diberikan kelancaran dan kemudahan mengikuti setiap kegiatan, dan mampu menyelesaikan studi tepat waktu.

“Semoga bisa menjalani perkuliahan dengan lancar. Saya pun bisa mempertahankan nilai akademik maupun non akademik yang baik. Sehingga kelak ketika kembali ke tanah air, saya bisa mengamalkan ilmu, wawasan, serta pengalaman yang didapat,”ujarnya.

Kepala MAN IC Batam Rudianto turut bangga dan mendukung penuh atas prestasi yang didapat ananda Fakhri. Atas nama civitas MAN IC Batam, Rudianto mengucapkan selamat dan sukses.

Ia berharap, prestasi yang diperoleh Fakhri Wijayanto bisa menjadi motivasi dan penggerak bagi lulusan MAN IC Batam berikutnya, juga bisa menjadi inspirasi bagi sekolah lainnya.

“Selamat untuk ananda Fakhri, semoga bisa menjadi motivasi dan penggerak bagi lulusan MAN IC Batam berikutnya. Kuliah di luar negeri dengan beasiswa penuh merupakan kebanggaan dan kesempatan yang tidak semua orang dapatkan. Kami doakan, semoga Ananda bisa menjalani proses perkuliahan dengan baik dan lancar mendapat hasil terbaik dan lulus dengan predikat Cumlaude. Semoga terus mendapat beasiswa lagi hingga ke jenjang S3,” katanya.

Fakhri merupakan salah satu siswa yang berprestasi di bidang Karya Tulis Ilmiah dan Penelitian, beberapa kali menjuarai even di tingkat nasional bahkan internasional.

Selain itu, Fakhri berhasil meraih medali emas tingkat internasional dalam acara AZSciences 2020 International Science, Technology, and Design Competition yang diselenggarakan oleh AZSciences yang berbasis di Turki dan Amerika.

Even AZS2020 ini merupakan salah satu even afiliasi Indonesia Young Scientist Association (IYSA). (Humas MAN IC). (R/SH/P2)

Mi’raj Nesw Agency (MINA)

Comments are closed.