Hari Film Palestina Promosikan Ketangguhan Rakyat Palestina

Ramallah, MINA – atau Palestine Cinema Days tahun ini difokuskan untuk mempromosikan film dan kisah dalam menghadapi tekanan yang semakin meningkat.

Tekanan itu contohnya berasal dari Amerika Serikat yang memindahkan kedutaannya dari Tel Aviv ke Yerusalem, kemudian memotong dana keuangan ke Badan Pemulihan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA), dan warga Palestina telah sangat menderita selama tujuh dekade sejak dimulainya pendudukan Israel.

Hari Film Palestina ingin menyampaikan kepada para penonton tentang kisah-kisah penting tentang penderitaan, ketahanan dan kondisi manusia yang dialami rakyat Palestina. Demikian Ma’an News memberitakan dikutip MINA pada Kamis (18/10).

Festival ini dibuka sejak 17 Oktober dimulai dengan pemutaran The Tower di Istana Kebudayaan Ramallah dan akan memutar lebih dari 60 film dari para pembuat film Palestina, Arab dan internasional.

Kompetisi tahun ini juga akan memutar dua film nominasi Oscar, yang akan ditampilkan sepanjang tujuh hari festival di Ramallah.Di antara film-film yang ditampilkan di semua lokasi adalah A.B. Shawky’s Yomeddine dari Mesir, dan The Journey oleh Mohamed Al-Daradji dari Irak.

Program ini juga akan memasukkan film Suriah The Day I Lost My Shadow sebagai film penutup, yang memenangkan Lion of the Future Award untuk Film debut terbaik di Festival Film Internasional Venice 2018.

Pemilihan film termasuk film fiksi, dokumenter, dan anak-anak yang berasal dari berbagai negara termasuk Perancis, Jerman, Kanada, Suriah, Mesir, Lebanon, Yordania, Irak, Tunisia, Maroko, Aljazair, Serbia, Amerika Serikat, Swiss, Jepang, Brasil , Swedia, Norwegia, Denmark, Chili, dan Palestina.

Untuk tahun ketiga, Palestine Cinema Days akan menghadirkan kompetisi Sunbird Award untuk film dan film produksi Palestina tentang Palestina.

Lebih dari 60 film yang secara resmi diserahkan, 22 film dipilih untuk bersaing memperebutkan penghargaan, termasuk empat film dokumenter panjang, 13 film pendek dan lima proyek.

Tiga juri yang terdiri dari para pembuat film dan profesional lokal, Arab dan internasional akan memilih tiga pemenang Sunbird Award.

Untuk pertama kalinya sejak diluncurkan pada tahun 2014, pemenang Sunbird Short Film dan Dokumenter akan diberikan 2.000 Euro.

Palestine Cinema Days adalah acara tahunan yang diselenggarakan oleh Filmlab setiap bulan Oktober dan bertujuan untuk menempatkan Palestina pada peta industri film Internasional dan lanskap film, serta mempromosikan film lokal dan internasional di beberapa tempat di berbagai kota di seluruh Palestina. (T/Sj/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.