Hari ini, 410.531 Siswa Madrasah Aliyah Ikuti UAMBN

(Foto: Kemenag)
(Foto: Kemenag)

Jakarta, 5 Jumadil Akhir 1437/14 Maret 2016 (MINA) – Sebanyak 410.531 siswa akan mengikuti Ujian Akhir Madrasah Berstandard (UAMBN), secara serentak di seluruh Indonesia, mulai Senin (14/3) selama tiga hari sampai dengan Rabu (16/3) mendatang.

Mata pelajaran yang diujikan ada lima yang merupakan pelajaran ciri khas madrasah, yaitu: Al-Qur’an Hadits, Akidah Akhlak, Fikih, Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), dan Bahasa Arab.

Khusus untuk siswa MA dengan peminatan keagamaan, ujiannya  akan difokuskan pada pelajaran Ilmu Kalam, Akhlak Tasawwuf, SKI, dan Bahasa Arab, demikian keterangan pers Kemenag yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Direktur Pendidikan Madrasah M. Nur Kholis Setiawan mengatakan bahwa UAMBN bertujuan untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik pada akhir jenjang Madrasah Aliyah.

“UAMBN diharapkan berfungsi sebagai bahan pertimbangan dalam pemetaan mutu madrasah, umpan balik perbaikan program pembelajaran, dan alat pengendali mutu pendidikan,” terang M. Nur Kholis.

Menurutnya, tema UAMBN tahun ini adalah ‘Mewujudkan Siswa Madrasah yang Jujur, Berprestasi, dan Bermanfaat’.

Untuk itu, pelaksanaan UAMBN tahun ini lebih menekankan pada aspek integritas dan kejujuran.

Guru besar UIN Sunan Kalijaga ini berharap siswa madrasah berada pada garda terdepan dalam keteladanan sikap dan itu tercermin dalam teknis proses ujian.

“Saya atas nama Direktorat Pendidikan Madrasah mengucapkan selamat menempuh UAMBN tahun pelajaran 2015/2016 utk seluruh siswa Madrasah Aliyah se-Indonesia. Sesuai tema yang diusung, jadilah generasi muda yang jujur, sarat dengan torehan prestasi yang menjadikan kalian sebagai generasi muslim Indonesia yang bermartabat,” pesannya.

UAMBN akan dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia dan dikoordinasi oleh para Kepala Bidang Pendidikan Madrasah di Kanwil Kemenag Provinsi serta Kepala Seksi Pendidikan Madrasah di Kankemenag Kabupaten/Kota.

“Untuk proses kordinasi yang baik, apresiasi saya sampaikan kepada Kabid dan Kasi Pendidikan Madrasah di Kankemenag Provinsi dan Kabupaten/Kota,” ujarnya.

Berbeda dengan MA, UAMBN Madrasah Tsanawiyah (MTs) baru akan digelar pada 11 – 13 April mendatang. Sampai saat ini, tercatat lebih dari 1 juta siswa MTs akan mengikuti UAMBN pada tahun ajaran 2015/2016 ini.

Selamat menempuh UAMBN!

(L/R05/P2)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.