Hari Kebebasan Pers Sedunia: Kebebasan Tidak Lengkap Tanpa Kebebasan Palestina

Oleh: Saoud Khalaf, pembuat film dan penulis Irak kelahiran Inggris

 

Nelson Mandela pernah mengamati dengan terkenal “Menolak hak asasi manusia berarti menantang kemanusiaan mereka.”

Ini adalah pengingat yang jelas bahwa setiap manusia memiliki hak untuk hidup dalam kebebasan, dengan hak asasi manusia mereka yang dilindungi.

Mandela, yang merupakan pendukung setia perjuangan Palestina, juga menekankan bahwa “Kami tahu betul bahwa kebebasan kami tidak lengkap tanpa kebebasan rakyat Palestina.”

Hal ini relevan dengan Hari Sedunia PBB. Tema tahun ini: “Membentuk Masa Depan Hak Asasi Manusia: Kebebasan Berekspresi sebagai Pendorong Hak Asasi Manusia Lainnya”.

Sangat penting untuk merenungkan bagaimana konsep-konsep ini, hak asasi manusia dan kebebasan media, berhubungan dengan Palestina. Bisakah kita dengan tulus mengatakan bahwa kita membela hak asasi manusia ketika jurnalis dibunuh saat meliput?

Ini adalah profesi yang dipertahankan oleh hukum humaniter. Ketika jurnalis Shireen Abu Akleh terbunuh saat meliput penggerebekan kamp pengungsi, kebebasan pers dan perlindungan apa yang disediakan?

Wartawan Palestina yang dihormati Shireen Abu Akleh terbunuh pada 11 Mei 2022, saat meliput serangan Pasukan Pertahanan (IDF) di Jenin, Palestina. Meskipun Israel awalnya mengklaim bahwa dia adalah korban malang dari baku tembak, munculnya banyak klip video online dengan cepat membantah klaim itu, mengungkap kenyataan kematiannya yang salah. Bukti baru mengungkapkan bahwa dia sengaja menjadi sasaran, bahkan saat mengenakan rompi “pers”.

Baca Juga:  Al-Qassam Serang Pasukan Israel di Gaza dan Perbatasan Lebanon

Kematian Shireen Abu Akleh sebelum waktunya bukanlah insiden yang terisolasi, melainkan bagian dari pola yang mengganggu. Sebanyak 46 jurnalis Palestina telah dibunuh oleh Israel sejak tahun 2000, menurut Sindikat Jurnalis Palestina. Sindikat itu juga mencatat antara 500 hingga 700 serangan setiap tahun terhadap jurnalis Palestina.

Israel juga telah melancarkan serangan terhadap blok menara di Gaza yang menampung kantor Associated Press dan Al Jazeera selama serangan besar terbaru pada tahun 2021. Kehadiran intelijen militer yang diduga dalam bangunan tersebut digunakan sebagai pembenaran untuk serangan tersebut.

Mengingat represi pendapat yang sedang berlangsung dan pelanggaran hak asasi manusia yang meluas terhadap jurnalis Palestina, sulit untuk memahami apa yang dimaksud PBB ketika mengadvokasi untuk “membentuk masa depan hak.”

Saya berbicara dengan seorang jurnalis muda Palestina tentang pengalaman profesionalnya serta efek mendalam dari pembunuhan Shireen yang mengerikan terhadap perjuangan keadilan yang sedang berlangsung.

“Shireen Abu Akleh, martir kita, semoga dia beristirahat dalam damai. Pembebasan telah menunjukkan kepada kita apa arti kekuatan dan keberanian sejati dalam jurnalisme. Kepergiannya merupakan peringatan bagi warga Palestina, mengingatkan kami akan suara kami yang tercekik. Tapi keberaniannya tidak membuat kami menyerah. Sebaliknya, hal itu memicu tekad kami untuk berteriak lebih keras lagi. Kemartirannya memberi kami persatuan, kekuatan, dan harapan baru untuk didengar. Itu membuat kami menyadari sejauh mana penyensoran dan pembungkaman, tetapi juga mengungkapkan semangat rakyat Palestina yang tak terpatahkan.”

Baca Juga:  Demonstrasi Mahasiswa Bukti Lemahnya Zionis Israel

Ini adalah kata-kata kuat dari Adan Alhjooj, seorang aktivis dan jurnalis perempuan Badui Palestina yang berasal dari Al-Naqab, sebuah wilayah bersejarah yang penting di Palestina selatan. Wilayah gurun ini mencakup lebih dari setengah daratan Palestina dan sejak itu dinamai Negev.

Wartawan Palestina lainnya, dari Ramallah, yang menangani sensor media dalam pekerjaannya sehari-hari adalah Salem Barahmeh, pendiri dan direktur kreatif Uncivilized Media. Dia juga mantan Direktur Eksekutif Institut Palestina untuk Diplomasi Publik.

“Garis editorial kami sangat berfokus pada menantang dominasi dalam berbagai bentuknya, termasuk kolonialisme, rasisme, dan patriarki. Kebebasan pers sangat penting untuk memungkinkan kita melaporkan, mencari keadilan, dan meminta pertanggungjawaban mereka yang bertanggung jawab untuk menegakkan sistem yang menindas ini. Selain itu, kebebasan berbicara sangat penting, mengenali konteksnya dalam kerangka menghormati hak orang lain,” tegas Salem.

Termotivasi oleh realisasi sistem penindasan yang saling berhubungan di seluruh dunia dan keterkaitan perjuangan tersebut, Salem mendirikan Uncivilized Media dengan pemahaman bahwa pembebasan Palestina secara inheren terkait dengan gerakan global lainnya.

“Ada banyak contoh akun media sosial Palestina yang dihapus hanya karena berbagi atau melaporkan realitas kehidupan kita sehari-hari di bawah sistem kekerasan, kolonialisme pemukim, dan apartheid ini,” jelas Salem.

Baca Juga:  Bahrain Serang Israel sebagai Bukti Bela Palestina

Meskipun sebagian besar karya Salem berada di ranah digital, ia mempertahankan kesadaran penuh dan solidaritas dengan jurnalis Palestina lainnya yang telah menjadi korban taktik pembungkaman pendudukan. Ini membawa diskusi kita menjadi lingkaran penuh, ketika Salem merenungkan karya dan kontribusi Shireen Abu Akleh yang luar biasa selama bertahun-tahun dalam jurnalisme.

“Shireen adalah seorang jurnalis Palestina, dengan perlengkapan persnya, dan ditembak oleh seorang Israel. Ini bukan pertama kalinya insiden seperti itu terjadi. Shireen bukan hanya salah satu jurnalis terkemuka di Palestina tapi juga di dunia. Dia adalah suara generasi saya. Saya ingat dengan jelas tumbuh dewasa dan menonton laporan Shireen selama Intifadah Kedua. Ia menjadi sosok yang akrab dan dipercaya oleh kami semua,” kenangnya sedih.

Harus dipahami bahwa di saat beberapa berita menjadi berita utama, ada lusinan jurnalis tak berdosa lainnya yang terbunuh di tangan penggerebekan, penembakan, atau pengeboman gedung oleh IDF. Pada Hari Kebebasan Pers Sedunia PBB ini, marilah kita selalu diingatkan tentang ketidakadilan yang diberikan kepada wartawan yang hanya menyampaikan realitas pendudukan mereka.

Jika kebebasan berekspresi benar-benar menjadi pendorong semua hak asasi manusia lainnya, pertanggungjawaban segera harus dilakukan atas pembunuhan jurnalis seperti Shireen Abu Akleh, Yasser Murtaja, Yusef Abu Hussein, Ahmad Abu Hussein, Fadel Shana, dan banyak lainnya, yang juga diculik. (AT/RI-1/RS2)

Sumber: The New Arab

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.