Hari Pertama Asian Games, Cina Kuasai Perolehan Medali

Jakarta, MINA – Cina untuk sementara memimpin perolehan medali di ajang Asian Games ke-18 pada perebutan medali di 18 nomor dari 5 cabang olah raga yang berlangsung di Jakarta dan Palembang hingga pukul 21.16 WIB, Ahad (19/8), sebagaimana pantauam MINA.

Cina menduduki posisi puncak klasemen sementara di hari pertama usai pembukaan perhelatan olahraga terakbar bangsa Asia itu dengan meraih total 16 medali (7 emas, 5 perak, 4 perunggu). Medali emas pertama Cina diraih dari cabang olahraga Wushu.

Kemudian di posisi kedua Jepang menyusul dengan perolehan 12 medali. Rinciannya adalah 3 medali emas, 5 medali perak, dan 4 medali perunggu.

Di posisi ketiga ada Korea Selatan dengan perolehan 9 medali. Rinciannya adalah 2 medali emas, 3 medali perak, dan 4 medali perunggu.

Indonesia berada di peringkat keempat dengan peroleh sepasang medali, satu medali emas dan satu medali perak. Medali pertama kontingen Indonesia dipersembahkan Edgar Xavier Marvelo yang menyumbangkan medali perak bagi Indonesia di nomor final Changquan putra. Dalam nomor tersebut, Edgar memperoleh poin 9,72, kalah tipis dengan atlet wushu asal negeri tirai bambu Cina, Peiyuan Sun yang memperoleh skor 9,75.

Medali emas pertama diraih Indonesia diraih dari cabang olahraga taekwondo. Defia Rosmaniar yang dipercaya mewakili Indonesia berhasil menyumbang emas. Atlet berjilbab itu juga didaulat menjadi yang terbaik di nomor indvidu poomsae putri.

Bertanding pada laga final Asian Games 2018 di Jakarta Convention Center (JCC), Ahad (19/8), Defia sukses mengalahkan wakil Iran, Salahshouri Marjan dengan skor 8.690 – 8.470.

Sementara tetangga dekat Indonesia, Malaysia harus puas diurutan ke-10 dengan perolehan medali 1 yaitu medali perunggu.

Cina berada di urutan pertama sebagai negara dengan jumlah medali terbanyak. Menjadi juara umum sembilan kali berturut-turut, Cina sukses mengungguli Jepang. Total sudah 2.895 medali yang mereka dapatkan. Adapun rinciannya, 1.342 medali emas, 900 medali perak, dan 653 medali perunggu.(L/R06/R01)

Mi’raj News Agency (MINA)