Hari Solidaritas Palestina: Afrika Selatan Tegaskan Dukung Kemerdekaan Palestina

Afrika Selatan, MINA – Pemerintah Afrika Selatan, Sabtu (28/11) mengumumkan, pemerintahnya mendukung dan akan tetap pada prinsipnya mendukung Palestina hingga Palestina mendapatkan kemerdekaannya.

“Dukungan dan solidaritas yang teguh dengan rakyat Palestina dan tujuan mereka yang adil,” dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan pada kesempatan Hari Solidaritas Internasional untuk Rakyat Palestina,  tangggal 28 Nopember, seperti dikutip dari Shehab News Agency.

Dinyatakan, Pemerintah Afrika Selatan menegaskan bahwa mereka mendukung Palestina, pada tahap ini, mereka menekankan dukungan pada upaya-upaya yang bertujuan untuk mendirikan negara Palestina yang merdeka, berkelanjutan, dan layak, sesuai dengan resolusi dan referensi internasional.

Pemerintah Afrika Selatan juga menyatakan dukungannya untuk mengadakan konferensi perdamaian internasional, dengan mekanisme internasional multilateral untuk membantu dalam negosiasi.

“Menemukan solusi untuk semua masalah status akhir, dan memberikan jaminan untuk memastikan pelaksanaannya dalam kerangka waktu tertentu, untuk mencapai perdamaian yang adil dan langgeng berdasarkan standar yang disetujui secara internasional,” demikian pernyataan itu.

Pernyataan kepada pemerintah ini datang sehari setelah terbitnya laporan tentang seorang musafir yang diduga datang dari Afrika Selatan dengan berjalan kaki dan diterima oleh Perdana Menteri Palestina Muhammad Shtayyeh.

“Tetapi sebuah posting di Facebook menyatakan bahwa pria itu tidak lain adalah buronan yang sedang dicari untuk keadilan dalam kasus penipuan dan pencurian uang terkait perjalanan haji dan umrah. Dan dia menipu Perdana Menteri Palestina,” kata pernyataan itu. (T/R12/P1)

Mi’raj News Agency (MINA).