Harian Israel Terbitkan Ketentuan ‘Kesepakatan Abad Ini’

Tel Aviv, MINA – Surat kabar menerbitkan sebuah dokumen pada Selasa (7/5), yang diedarkan antara para pejabat di Kementerian Luar Negeri Israel yang merinci unsur-unsur rencana perdamaian Amerika Serikat () yang dikenal sebagai “Kesepakatan Abad Ini”.

Tidak ada otoritas Amerika Serikat, Israel atau yang mengkonfirmasi dokumen bocor yang diterbitkan oleh Israel Hayom, yang dekat dengan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.

Mengutip Anadolu Agency, AS sendiri baru berencana untuk menerbitkannya bulan depan.

Menurut harian Israel, rencana tersebut mencakup poin-poin utama berikut:

1. Kesepakatan

Perjanjian tripartit akan ditandatangani antara Israel, Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) dan Hamas. Sebuah negara Palestina bernama “Palestina Baru” akan didirikan di Tepi Barat dan Gaza, dengan pengecualian permukiman Israel di Tepi Barat.

2. Evakuasi tanah

Blok permukiman di Tepi Barat akan tetap di bawah kendali Israel dan akan meregang untuk mencapai permukiman terisolasi lainnya.

3. Yerusalem

Yerusalem tidak akan dibagi antara Israel dan Palestina Baru dan akan menjadi ibu kota Israel dan Palestina Baru. Populasi Arab di Yerusalem akan menjadi warga negara Palestina Baru.

Kotamadya Yerusalem Israel akan bertanggung jawab atas semua area kota kecuali untuk pendidikan, yang akan ditangani oleh pemerintah baru Palestina. Otoritas Palestina yang baru akan membayar pajak dan biaya air ke kota Yerusalem.

Orang-orang Yahudi tidak akan diizinkan untuk membeli rumah-rumah Arab, orang-orang Arab tidak akan diizinkan untuk membeli rumah-rumah Yahudi, tidak ada daerah tambahan akan dianeksasi ke Yerusalem dan status sekarang dari situs-situs suci akan terus berlanjut.

4. Gaza

Mesir akan menyewakan tanah baru ke Palestina untuk membangun bandara dan pabrik-pabrik serta melayani sektor komersial dan pertanian tanpa membiarkan warga Palestina tinggal di tanah ini. Batas-batas tanah ini dan harga sewa akan ditentukan antara kedua pihak melalui mediasi negara-negara pendukung.

5. Negara Pendukung

Pihak-pihak yang secara finansial akan mendukung implementasi perjanjian ini adalah AS, Uni Eropa (UE) dan negara-negara Teluk penghasil minyak.

Negara-negara pendukung akan menyediakan anggaran 30 miliar Dolar AS selama lima tahun, untuk proyek-proyek nasional di Palestina yang baru.

Anggaran juga akan mencakup biaya menghubungkan permukiman Yahudi dan permukiman besar ke Israel.

AS akan membayar 20% dari biaya untuk proyek-proyek tersebut dan UE 10%, sementara negara-negara Teluk penghasil minyak akan mendanai 70%, yang akan ditentukan oleh pendapatan minyak negara-negara tersebut.

Sebagian besar beban dukungan keuangan akan jatuh pada negara-negara penghasil minyak karena mereka akan menjadi penerima manfaat utama dari perjanjian ini.

6. Tentara

Palestina baru tidak akan diizinkan untuk menciptakan pasukan. Satu-satunya senjata yang akan diizinkan dimiliki adalah senjata ringan untuk polisi.

Perjanjian perlindungan akan ditandatangani antara Israel dan Palestina Baru, di mana ia akan membayar Israel untuk mempertahankannya dari agresi asing.

Biaya pembayaran ini harus ditentukan dalam negosiasi antara para pihak yang akan dimediasi oleh negara-negara pendukung.

7, 8. Garis Waktu dan Tahapan Implementasi

Saat menandatangani perjanjian:

Hamas akan menyimpan semua senjatanya, termasuk senjata pribadi, dengan pihak berwenang Mesir.

Anggota Hamas, termasuk para pemimpin, akan terus menerima gaji dari negara-negara pendukung sampai pemerintah dibentuk.

Perbatasan Jalur Gaza, termasuk perbatasan maritim, akan terbuka untuk pergerakan barang dan pekerja ke Israel dan Mesir, seperti situasi Yudea dan Samaria saat ini.

Dalam satu tahun, pemilihan demokratis akan diadakan dan pemerintahan Palestina Baru akan dipilih dan setiap warga negara Palestina akan dapat mencalonkan diri untuk pemilihan.

Satu tahun setelah pemilihan dan pembentukan pemerintah, orang-orang Palestina yang ditahan di penjara-penjara Israel akan dibebaskan secara bertahap selama tiga tahun.

Dalam lima tahun, pelabuhan dan bandara akan didirikan di Palestina Baru, dan sampai saat itu, warga Palestina akan menggunakan bandara dan pelabuhan di Israel.

Perbatasan antara Palestina Baru dan Israel akan terbuka untuk pergerakan warga dan barang seperti halnya dengan negara-negara sahabat.

Sebuah jalan raya yang menghubungkan Tepi Barat dan Jalur Gaza akan dibangun. Cina akan membayar 50% dari biayanya, sementara Korea Selatan, Australia, Kanada, AS, dan UE masing-masing akan membayar 10%.

9. Lembah Yordania

Lembah Yordania akan tetap di bawah kendali Israel.

Jalan 90 akan menjadi jalan empat jalur.

Israel akan mengeluarkan tender untuk memperluas jalan.

Palestina Baru akan diberikan dua rute baru ke Yordania dengan penyeberangan di bawah kendalinya.

10. Tanggung jawab

Jika Hamas dan PLO menolak untuk menandatangani ‘Kesepakatan Abad Ini’, AS akan membatalkan semua dukungan keuangan kepada Palestina dan memastikan bahwa tidak ada negara yang mentransfer dana kepada mereka.

Jika PLO menandatangani kesepakatan tetapi Hamas atau Jihad Islam menolak, para pemimpin kedua gerakan ini akan dianggap bertanggung jawab. Dalam perang baru antara Israel dan Jalur Gaza, AS akan mendukung Israel dalam menargetkan para pemimpin ini.

Jika Israel menolak menandatangani perjanjian, AS akan menghentikan semua dukungan keuangan. (T/Ast/R01)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.