Hasil Undian Tujuh Cabang Olahraga Beregu Asian Games 2018

Jakarta, MINA – Panitia Pelaksana 2018 (INASGOC) bersama dengan Dewan Olimpiade (OCA), Komite Olimpiade Indonesia (KOI) dan Delegasi Teknis sudah menyelesaikan proses undian beregu dari cabang-cabang olahraga beregu yang dipertandingkan pada Asian Games 2018.

Total ada tujuh cabang olah raga beregu yang mempertandingkan 12 nomor atau kompetisi dan akan dihadapi oleh atlet-atlet dari 36 negara sudah diundi di Jakarta, Kamis (5/7).

Pada Asian Games kali ini, masyarakat Indonesia akan disuguhkan dengan pertandingan-pertandingan dari cabang olahraga yang berpotensi menjadi Partai Besar atau Big Match.

Salah satunya dari cabang olahraga sepak bola pria, di mana Korea Utara, Arab Saudi, Iran dan Myanmar tergabung di dalam Grup F, yang bisa disebut sebagai grup neraka, tempat para peserta Piala Dunia tergabung dalam satu group.

Begitu pula dengan cabang olahraga bola basket putra, Indonesia tergabung di dalam Grup A bersama Korea Selatan, Mongolia dan Thailand. Sementara itu, perjuangan di Grup B akan sangat berat, terutama Filipina dan Iran yang dijagokan sebagai unggulan tergabung dengan Suriah dan Arab Saudi. Sementara di Grup D Palestina tergabung bersama Cina dan Kazakhstan.

Sementara itu, di cabang voli indoor, perjuangan Indonesia lebih menantang. Di cabang putra, Indonesia bergabung dengan tim Kirgistan dan Arab Saudi di grup A. Pada Asian Games 2014, Kirgistan menempati peringkat 9 Asia, sedangkan Arab Saudi di posisi 11.

Di sektor putri, tim merah putih yang juga tergabung di grup A bakal menghadapi lawan-lawan yang jauh lebih berat, yakni Jepang, Thailand, dan Hongkong.

“Apabila melihat hasil drawing ini, harapan kita agar Indonesia bisa lolos 16 besar menjadi lebih terbuka. Ini adalah suguhan menarik bagi seluruh masyarakat Asia, apalagi masyarakat Indonesia sebagai tuan rumah. Kapan lagi kita bisa melihat pertandingan-pertandingan sengit langsung di tanah air. Ayo beli tiketnya, kita nonton sama-sama,” ucap Ketua INASGOC Erick Thohir.

Namun menurut Erick, dengan usainya hasil undian tersebut, saatnya untuk rapatkan barisan agar persiapan Asian Games 2018 lebih matang, mengingat jumlah atlet dan ofisial yang hadir bisa mencapai 16.000.

“Ini kan di atas target kapasitas awal, bahkan 20% lebih besar dari Asian Games lalu di Incheon. Ini adalah tantangan kita sebagai tuan rumah, bahwa kita siap menyelenggarakan Asian Games 2018 secara profesional dan transparan,” tambah Erick.

Dengan lonjakan tersebut, Panitia Pelaksana akan kembali mengatur tempat latihan dan akomodasi dari atlet dan ofisial yang hadir.

Erick kembali memohon dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia agar Asian Games 2018 berjalan dengan baik dan jadi kebanggaan bangsa.

“Ayo, sekarang buka website ofisial Asian Games. Pilih jadwal pertandingan pilihanmu. Ayo kita nonton bareng dan nikmati keindahan pertandingan-pertandingan yang indah ini. Tapi jangan lupa untuk jadi tuan rumah yang baik melalui budaya antre dan menjaga kebersihan,” tambah Erick. (L/R01/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)