SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Hikmah Pelaksanaan Kurban: Manfaat dan Pahalanya

Bahron Ansori - Kamis, 30 Mei 2024 - 21:28 WIB

Kamis, 30 Mei 2024 - 21:28 WIB

0 Views

Oleh Bahron Ansori, wartawan Kantor Berita MINA

Bagi seorang muslim, setiap ibadah yang diperintahkan Allah dan Rasulnya pastilah mempunyai hikmah. Begitu juga ibadah kurban memiliki banyak hikmah dan manfaat, baik bagi individu yang melaksanakannya maupun bagi masyarakat secara keseluruhan. Berikut beberapa hikmah pelaksanaan kurban, manfaat dan pahalanya.

Hikmah Pelaksanaan Kurban

Pertama. Mengenang Kisah Nabi Ibrahim AS dan Ismail AS. Kurban menjadi pengingat atas kesediaan Nabi Ibrahim AS untuk mengorbankan putranya, Ismail AS, sebagai bentuk kepatuhannya kepada Allah SWT. Hal ini menunjukkan pentingnya ketaatan dan ketundukan kepada Allah SWT dalam kehidupan seorang muslim.

Baca Juga: KH. Ahmad Hanafiah, Ulama Lampung yang Gigih Melawan Penjajah

Kedua. Menunjukkan Ketaatan dan Ketundukan kepada Allah SWT. Melaksanakan kurban merupakan bentuk nyata ketaatan dan ketundukan seorang muslim kepada perintah Allah SWT. Dengan berkurban, seorang muslim menunjukkan rasa syukur atas nikmat yang diterimanya dan kerelaan untuk menyerahkan dirinya kepada Allah SWT.

Ketiga. Memupuk Sifat Kedermawanan dan Peduli Sesama. Kurban mendorong umat Islam untuk bersedekah dan berbagi dengan sesama, terutama bagi kaum yang kurang mampu. Daging kurban dibagikan kepada fakir miskin dan kaum dhuafa, sehingga mereka juga dapat merasakan kebahagiaan di Hari Raya Idul Adha.

Keempat. Meningkatkan Ketakwaan dan Ketaqwaan. Pelaksanaan kurban yang penuh penghayatan dapat membantu meningkatkan ketakwaan dan ketaqwaan seorang muslim kepada Allah SWT. Dengan merenungkan makna di balik kurban, seorang muslim dapat semakin dekat dengan Allah SWT dan memperkuat imannya.

Kelima. Menjalin Silaturahmi dan Memperkuat Persaudaraan. Ibadah kurban menjadi momen untuk mempererat silaturahmi dan persaudaraan antar umat Islam. Saat saling berbagi daging kurban, terjalinlah komunikasi dan keakraban antar sesama.

Baca Juga: 10 Kunci Meraih Sukses Menurut Petunjuk Al-Quran

Manfaat Pelaksanaan Kurban

Pertama. Meningkatkan Perekonomian Umat Islam. Permintaan hewan kurban yang tinggi di Hari Raya Idul Adha memberikan peluang ekonomi bagi para peternak dan pedagang hewan kurban. Hal ini dapat membantu meningkatkan kesejahteraan mereka dan mendorong pertumbuhan ekonomi umat Islam.

Kedua. Memenuhi Kebutuhan Gizi Masyarakat. Daging kurban yang dibagikan kepada fakir miskin dan kaum dhuafa dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi mereka. Hal ini dapat meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup masyarakat, terutama bagi mereka yang kekurangan akses terhadap makanan bergizi.

Ketiga. Memperkuat Persatuan dan Kesatuan Bangsa. Ibadah kurban yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia dapat memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa. Momen ini menjadi pengingat bahwa umat Islam memiliki tujuan yang sama, yaitu meraih ridha Allah SWT.

Baca Juga: Penyelenggaraan Ibadah Haji 2024 Terbilang Sukses?

Pahala Pelaksanaan Kurban

Pertama. Pahala yang Berlipat Ganda. Allah SWT menjanjikan pahala yang berlipat ganda bagi orang yang berkurban. Setiap helaian bulu hewan kurban dibalas dengan sepuluh pahala kebaikan.

Kedua. Ampunan Dosa. Kurban menjadi salah satu cara untuk mendapatkan ampunan dosa dari Allah Subhanahu Wa Taala. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda yang artinya, “Siapa yang berkurban karena Allah dan mengharapkan pahala dari-Nya, maka niscaya diampuni dosanya mulai dari hari dia berkurban sampai hari dia berkurban kembali di tahun berikutnya.”  (HR. Tirmidzi)

Ketiga. Didoakan Malaikat. Saat hewan kurban disembelih, malaikat akan mengucapkan doa untuk orang yang berkurban. Doa tersebut terus diucapkan hingga hari kiamat.

Baca Juga: Global Kurban, Bukti Cinta Umat Islam Indonesia untuk Dunia

Keempat. Disembelih di Akhirat. Hewan kurban orang yang beriman akan disembelih di akhirat dan dagingnya diberikan kepada orang yang berkurban tersebut.

Kelima. Menempati Surga. Kurban menjadi salah satu amalan yang dapat mengantarkan seseorang ke surga. Hal ini seperti disabdakan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam yang artinya, Siapa yang berkurban dengan ikhlas karena Allah dan mengharapkan pahala dari-Nya, maka niscaya dia akan masuk surga.” (HR. Ibnu Majah)

Demikianlah beberapa hikmah, manfaat, dan pahala pelaksanaan kurban. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menambah keimanan kita kepada Allah Subhanahu Wa Taala.[]

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Naik Turunnya Keuangan Syariah: Refleksi Ketidaksempurnaan Sistem

Rekomendasi untuk Anda

Artikel
Indonesia
MINA HEALTH
Internasional
Dunia Islam