Hizbullah Lebanon: Trump Ciptakan Deklarasi Balfour Kedua

(TOI News)

Beirut, MINA – Pimpinan Hizbullah Lebanon mengatakan pada hari Kamis (7/12), pengakuan Donald terhadap Yerusalem sebagai ibukota Israel sama saja dengan menciptakan “Deklarasi Balfour Kedua.”

“Sekarang jawaban yang paling penting adalah perlawanan Palestina dan sebuah KTT Islam yang akan menyatakan Yerusalem sebagai ibukota abadi Palestina,” kata Hassan Nasrallah di stasiun TV  Al-Manar.

Nasrallah dalam pernyataannya juga mendukung peningkatan perlawanan baru Palestina, sebagai respon terbesar dan paling penting terhadap keputusan Amerika Serikat,” ujarnya, seperti dirilis Times of Israel.

Ia menambahkan, kelompoknya berusaha menghancurkan kekuatan Israel sebagai tujuan utama perjuangannya.

Nasrallah juga mendesak negara-negara Arab untuk memutuskan hubungan diplomatik dengan Israel.

Dia menuduh AS telah memberikan peta jalan bagi Israel dengan pengakuan pada Yerusalem.

Hal itu juga berarti mendukung agresi terang-terangan terhadap Yerusalem dan rakyatnya, tempat dan identitas sucinya, lanjutnya.

“Nasib Palestina secara keseluruhan kini semakin dipertaruhkan,” ujarnya.

Trump, katanya, tidak menghormati masyarakat internasional dan tidak peduli dengan perasaan jutaan umat Islam dan Kristen.

Mengacu pada aliansi negara-negara Arab dengan Washington, dia bertanya, “Apa nilai aliansi AS-Dunia Arab?” lanjutnya, “Negara-negara Arab harus tahu bahwa itu tidak berarti apa-apa.”

Deklarasi Balfour, yang ditandatangani pada tanggal 2 November 1917, menginformasikan kepada pemimpin komunitas Yahudi Inggris pada saat itu, Lord Walter Rothschild, bahwa pemerintah Inggris mendukung pembentukan sebuah rumah nasional untuk orang-orang Yahudi di daerah tersebut yang kemudian dikenal sebagai Palestina.

Ini meletakkan pondasi untuk pendirian Negara Israel. Sementara orang-orang Palestina kemudian terjajah dan terusir.

Terlebih Yerusalem atau Al-Quds, di dalamnya terdapat Masjid Al-Aqsha, tempat Isra Mi’raj Nabi Muhammad. (T/RS2/B05)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.