HNW Apresiasi Spanyol Atas Pengakuan Negara Palestina

Delegasi parlemen Indonesia yang dipimpin oleh Hidayat Nur Wahid bertemu Ketua Senat Spanyol, di gedung Parlemen Spanyol di Madrid pada Rabu (22/5/2024). Pada kesempatan itu, HNW menyampaikan apresiasinya kepada Spanyol yang secara resmi telah mengakui Negara Palestina. [Foto: MPR RI]

Madrid, MINA – Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) Hidayat Nur Wahid (HNW) menyampaikan langsung apresiasi dan dukungan atas pengakuan Spanyol terhadap Negara Palestina dalam pertemuan dengan Ketua Senat Spanyol, di gedung Parlemen Spanyol di Madrid pada Rabu (22/5).

HNW mengatakan hal itu sesuai dengan spirit Pembukaan UUD NRI 1945 alinea pertama dan ke empat. Ia juga berharap agar langkah positif tersebut diikuti oleh negara-negara lainnya.

“Sikap resmi Pemerintah Spanyol, yang diumumkan di Parlemen pada 22 Mei 2024 dan mendapat sambutan meriah dari anggota Parlemen Spanyol itu juga diumumkan bersama dengan Irlandia dan Norwegia. Ketiga negara Eropa itu akhirnya mengakui Palestina sebagai negara Merdeka. Ini merupakan peristiwa bersejarah dan bisa menjadi salah satu tonggak untuk mewujudkan Palestina benar-benar sebagai negara Merdeka yang diterima sebagai anggota penuh PBB,” ujarnya melalui siaran pers yang diterima MINA, Kamis (23/5).

Baca Juga:  Menhan Prabowo Kunjungi MBS Bahas Isu Global dan Palestina

Dengan pengakuan dari tiga negara Eropa itu serta pengakuan dari empat negara di Karibia, sambung HNW, maka bertambahlah jumlah negara anggota PBB yang tadinya baru 143 negara menjadi 150 negara.

“(Maka) itu sudah melampaui 2/3 jumlah Negara anggota Majlis Umum PBB yang akui Palestina sebagai negara merdeka. Penting kiranya dukungan serupa juga segera diberikan oleh negara-negara di seluruh dunia, demi keadilan dan perdamaian,” kata dia.

HNW menuturkan, pengakuan banyak negara merupakan modal yang sangat besar bagi rakyat Palestina meraih kemerdekaannya dan menghentikan penjajahan yang menghadirkan tragedi kemanusiaan dalam segala bentuknya.

“Ini dahulu yang dialami oleh rakyat Indonesia ketika proklamasi kemerdekaan Indonesia dilakukan. Adanya pengakuan awal dari sejumlah negara dan berbagai pihak lainnya, termasuk dari Palestina, merupakan modal bagi perjuangan Indonesia untuk menghentikan penjajahan Belanda, dan meraih kemerdekaan yang diakui serta diterima di dunia internasional, dan juga oleh PBB,” tukasnya.

Baca Juga:  MINA News, Kemlu RI Siap Bersinergi untuk Indonesia dan Palestina

Selain terhadap Spanyol, HNW juga mengapresiasi dua negara Eropa lainnya, Irlandia dan Norwegia yang menyampaikan secara bersama-sama pengakuannya terhadap Negara Palestina.

Ia juga berharap negara-negara lain segera mengikuti langkah Spanyol, termasuk beberapa negara Eropa lainnya yang dikabarkan akan melakukan tindakan serupa, seperti Belgia, Slovenia dan Malta.

Menurut HNW, lebih baik bila negara-negara tersebut segera mengumumkan secara resmi pengakuan Palestina sebagai Negara Merdeka.

“Pengakuan sejumlah negara Eropa dan sebelumnya juga oleh beberapa negara di Karibia seperti Jamaika, Barbados, Trinidad&Tobago dan Bahamas terhadap Palestina sebagai negara merdeka, diharapkan bisa menjadi penguat usaha untuk hentikan genosida, kejahatan penjajahan Israel atas Palestina, dan menghadirkan perdamaian di kawasan tersebut, serta dampak positifnya yang bisa meluas ke dunia internasional bahkan berkontribusi menyelamatkan peradaban global juga,” ujarnya.

Baca Juga:  Khutbah Jumat: Muhasabah Akhir Tahun 1445 Hijriyah

Dalam pertemuan di Madrid itu, Hidayat bersama empat anggota MPR; Tifatul Sembiring, Jazuli Juwaini, Tamsil Linrung dan Abdul Hakim, didampingi oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Spanyol Dr M Najib.

Delegasi tersebut diterima oleh Ketua Senat Parlemen Spanyol Pedro Rollan Ojeda, didampingi Senator Vicente Azpitarte dan anggota lainnya.

Selain membicarakan tentang diplomasi Parlemen untuk menguatkan demokrasi dan hubungan parlemen kedua negara, pertemuan itu juga membahas isu Palestina. Apalagi kunjungan tersebut bertepatan dengan pengumuman sikap resmi Spanyol yang mengakui Palestina sebagai negara merdeka.[]

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Arina Islami

Editor: Bahron Ansori