HNW Sesalkan Pemberitaan Media Barat Terkait Pilkada

Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nur Wahid. (Foto: Rendy/MINA)

Jakarta, 24 Rajab 1438/21 April 2017 (MINA) – Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (HNW) menyesalkan media-media Barat yang menyebut bahwa kemenangan Anies Baswedan pada Pilkada DKI sebagai kemenangan Islam radikal.

“Menurut mereka itu adalah kemenangan radikalis atas kaum modernis. Saya bilang itu media barat perlu belajar demokrasi dari Indonesia. Media barat perlu belajar komunikasi massa dari media Indonesia,” kata Hidayat.

Hal itu disampaikannya dalam acara Milad Yayasan Teratai Putih Global di Masjid Al-Muhajirin Teratai Putih Global, Cimuning, Mustikajaya, Kota Bekasi, Kamis (20/4), demikian siaran pers yang diterima MINA.

Baca Juga:  Muhammadiyah-BPKH Atasi Stunting Lewat Daging Kurban

Padahal, kata Hidayat, seluruh media di Indonesia, termasuk media sekuler dan dikuasai bukan muslim pun, menyebut Pilkada berlangsung aman, damai, dan tertib.

“Media Indonesia mengatakan berlangsung dengan aman, tertib, dan damai, semuanya harus menerima, tapi malah media barat malah ngaco. Saya bilang mereka harus belajar dari Indonesia, belajar demokrasi, belajar lagi tentang kode etik jurnalistik,” tegas Hidayat.

Hidayat melanjutkan bahwa meski media Barat mencibir Pilkada DKI Jakarta, namun hal ini memberikan harapan yang luar biasa bagi Indonesia. Di tengah keberagaman dan gejolak sebelum pemungutan suara, ternyata ketika hari H, Pilkada berlangsung aman, damai, dan tertib.

Ia kemudian mengapresiasi KPUD, Bawasda, TNI dan Polri, dan masyarakat Jakarta termasuk para ulama dan habaib atas penyelenggaraan Pilkada DKI Jakarta yang berjalan aman, damai, dan tertib.

Baca Juga:  Pemprov DKI Jakarta Peringati HUT ke-497

“Banyak orang memperkirakan dan mengkhawatirkan Pilkada DKI akan rusuh, terjadi pengerahan massa, dan menimbulkan situasi chaos, ternyata kekhawatiran itu tidak terbuki,” katanya.

Hidayat juga mengucapkan terima kasih kepada umat Islam yang membuktikan bukan sebagai kelompok radikal yang anarkis. Ini adalah peran ulama dan habaib yang menghadirkan Islam yang damai, tidak radikal dan tidak anarkis.

“Saya sampaikan terima kasih kepada umat Islam yang telah membuktikan bahwa mereka bukan kelompok radikal dan tak menghadirkan anarki,” ujarnya.

Pilkada DKI yang aman, damai, dan tertib, lanjut Hidayat, tidak lepas dari peran partai politik yang menunjukkan kedewasaan berdemokrasi. Partai politik dapat memposisikan diri dengan sejuk, proporsional, dan demokratis.

Baca Juga:  Angin Puting Beliung Terjang Deli Serdang, Dua Meninggal

“Petahana pun sudah menyampaikan ucapan selamat. Partai-partai juga menerima hasil (quick qount Pilkada) meski harus menunggu hasil resmi KPUD,” tandasnya. (T/R06/R01)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: Rana Setiawan