HOTEL TERBESAR DI DUNIA AKAN DIBANGUN DI MEKKAH

Desain Abraj Kudai. Foto: DesignMENA
Desain Abraj Kudai. Foto: DesignMENA

, 10 Sya’ban 1436/28 May 2015 (MINA) – Sebuah bangunan yang diklaim akan menjadi hotel terbesar di dunia akan dibangun di Mekkah yang perkiraan selesainya pada 2017 mendatang.

Hotel yang akan diberi nama Abraj Kudai tersebut rencananya berlokasi di kota suci Mekkah, , yang setiap tahun dikunjungi lebih dari 15 juta Muslim dari seluruh dunia, Muslim Village yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA) melaporkan, Kamis (28/5).

Bangunan akan memiliki 12 menara dan terdiri dari 44 lantai  dengan jumlah kamar mencapai 10.000 unit. Abraj Kudai yang sedang dibangun kelompok desain multi-nasional Dar Al Handasah akan memiliki total luas 4,6 juta kaki persegi.

Pekerjaan bangunan telah dimulai dengan dana sebesar 2.25 miliyar Euro, di mana bangunan itu nantinya akan memiliki 70 restoran, beberapa helipad dengan seluruh lantai akan  berhiaskan kerajaan dan memiliki salah satu kubah terbesar di dunia, design MENA melaporkan.

Sepuluh menara akan menampung tamu dengan kualitas bintang empat, sementara dua sisanya akan menawarkan fasilitas bintang lima yang mewah.

Dalam situsnya, Dar Al Handasah menyatakan, “Dengan total area sekitar 60.000 M²,  proyek ini  merupakan kompleks perumahan komersial yang memiliki 12 menara dan menampung beberapa fasilitas seperti stasiun bus, pusat perbelanjaan, restoran dan food court, pusat konvensi dan taman mobil.

Sementara menara bintang lima menawarkan semua layanan yang  berkaitan dengan wisatawan kota suci tersebut.

Banyak dari arsitektur bersejarah Mekkah kini telah dihancurkan, termasuk rumah Khadijah, istri Nabi Muhammad SAW, dan rumah Abu Bakar, yang sekarang dijadikan Hilton Hotel.

Sementara banyak bangunan bersejarah lain yang hancur dibuat  untuk jalan dan fasilitas jamaah haji setiap tahun.

Mayoritas hotel besar dunia saat ini terletak di Las Vegas, di mana sebelum Abraj Kudai dibuka, Venetian dan The Palazzo  adalah merupakan hotel terbesar di dunia.(T/R04/R11)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0