HOUTHI KLAIM TEMBAK JATUH PESAWAT MAROKO DI YAMAN

Jet tepur F-16 Maroko. (Foto: dok. Skyscrapercity.com)
Jet tepur F-16 . (Foto: dok. Skyscrapercity.com)

Sanaa, 22 Rajab 1436/11 Mei 2015 (MINA) – Seorang anggota terkemuka oposisi bersenjata mengatakan Senin (11/5), pejuangnya telah menembak jatuh sebuah pesawat perang Maroko yang tergabung dalam koalisi pimpinan Arab Saudi, saat melakukan serangan di provinsi Saada, utara.

“Pesawat perang itu melakukan serangan sebagai bagian dari agresi pada Yaman, sebelum senjata anti-pesawat menembak jatuh,” kata Deif Al-Shami di Sanaa, ibukota.

“Reruntuhan pesawat itu saat ini kami miliki, tetapi belum ada informasi tentang nasib pilot,” tambah anggota biro politik Houthi itu, kepada Anadolu Agency yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Sebelumnya pada hari itu, tentara Maroko mengatakan F-16 Maroko yang tergabung dalam koalisi pimpinan Arab Saudi telah hilang di Yaman.

Tentara mengatakan, pesawat perangnya hilang pada Ahad.

Namun rilis tidak mengungkapkan rincian tentang di mana lokasi pesawat kehilangan kontak, tapi penyelidikan telah diluncurkan terhadap insiden itu.

Sejak akhir Maret, Arab Saudi dan beberapa sekutu Arabnya, termasuk Maroko, telah menggempur posisi Houthi di Yaman. Kerajaan Afrika Utara itu telah memberikan kontribusi enam jet tempur F-16 untuk menyerang.

Pemerintah Riyadh mengatakan, kampanye udara itu dalam menanggapi permintaan Presiden Yaman Abd-Rabbu Mansour Hadi untuk intervensi militer terhadap Houthi.

Semenara itu, Houthi mengecam serangan udara itu sebagai “agresi Arab-Amerika” yang tidak beralasan di Yaman. (T/P001/R11)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0