HOUTHI SERANG KILANG MINYAK YAMAN DI ADEN

Kilang minyak di Aden masih memiliki 1,2 juta ton minyak mentah dalam penyimpanan dan juga tangki gas. (Foto: Al-Mashhad Al-Yemeni)
di masih memiliki 1,2 juta ton minyak mentah dalam penyimpanan dan juga tangki gas. (Foto: Al-Mashhad Al-Yemeni)

Aden, 11 Ramadhan 1436/28 Juni 2015 (MINA) – Pasukan oposisi menembakkan rudal ke tangki penyimpanan di kilang minyak Aden, memulai kebakaran besar, saksi di kota pelabuhan selatan itu mengatakan kepada Reuters.

Rekaman sebuah video menunjukkan asap hitam mengepul di atas fasilitas minyak di Distrik Buraiqah, Aden pada Sabtu (27/6).

Seorang sumber Al-Jazeera mengkonfirmasi serangan itu yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA) dan melaporkan, setidaknya satu orang karyawan di kilang tewas.

Kota terbesar kedua dan kilang minyak di Aden dikendalikan pejuang pro-pemerintah. Kota pelabuhan itu menjadi arena bentrokan sengit antara pasukan pemberontak dan pendukung Presiden Yaman Abd-Rabbu Mansour Hadi.

Kilang masih memiliki 1,2 juta ton minyak mentah dalam penyimpanan dan juga tangki gas.

Sementara itu, seorang pejabat pemerintah mengatakan kepada Kantor Berita AFP, para pemberontak juga menargetkan kapal Qatar yang membawa pasokan makanan dari Djibouti, negara tetangga Afrika di seberang lautan.

Minoritas Houthi telah berjuang melawan pemerintah Yaman selama berbulan-bulan dan telah mengambil kendali kota-kota besar di Yaman, termasuk ibu Kota Sanaa. (T/P001/R05)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0