Houthi Yaman Setuju Pertimbangkan Perlindungan PBB untuk Pelabuhan Hodeidah

Hodeidah, MINA – Utusan untuk Yaman, Martin Griffiths berada di Hodeidah, Jumat (23/11) dan mengatakan, kelompok bersenjata Yaman sepakat kota pelabuhan utama itu di bawah perlindungan PBB.

Hodeidah merupakan jalur vital bagi banyak bantuan kemanusiaan yang masuk ke negara yang dilanda perang itu.

“Kami telah sepakat bahwa PBB sekarang harus melakukan perundingan yang aktif dan sangat rinci untuk peran PBB di pelabuhan dan lebih luas lagi,” katanya kepada wartawan, demikian Middle East Eye (MEE) melaporkan.

“Kami berpikir bahwa dengan memainkan peran ini kami akan membantu hidup untuk orang-orang di Yaman,” kata Griffiths.

Sementara itu, Juru bicara PBB Rheal LeBlanc mengatakan kepada wartawan sebelumnya di Jenewa bahwa Griffiths memiliki ide-ide spesifik tentang mengelola pelabuhan yang akan ia sajikan kepada pihak-pihak yang terlibat konflik.

LeBlanc mengatakan, tujuannya adalah untuk “melindungi pelabuhan itu sendiri dari potensi kehancuran dan menyalurkan bantuan kemanusiaan utama kepada rakyat Yaman.

Perang yang sedang berlangsung telah membunuh lebih 10.000 orang, termasuk menyebabkan jutaan warga Yaman di ambang kelaparan.

Lembaga Save the Children memperkirakan bahwa sebanyak 85.000 balita Yaman telah meninggal akibat penyakit dan kekurangan gizi sejak 2015. (T/RI-1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.