HRW: Israel Gunakan Fosfor Putih di Gaza dan Lebanon, Bahayakan Warga Sipil

Fosfor putih. (Twitter)

New York, MINA – Israel telah menggunakan , yang dilarang secara internasional, dalam operasi militernya yang berkelanjutan di Gaza dan Lebanon, sehingga menimbulkan risiko serius bagi warga sipil, kata Human Rights Watch (), setelah menganalisis video konflik tersebut.

Dikutip dari Al Jazeera, HRW mengatakan, pihaknya memverifikasi rekaman yang diambil di Lebanon dan Gaza masing-masing pada hari Selasa dan Rabu (11/10), yang menunjukkan beberapa penggunaan fosfor putih yang ditembakkan artileri di pelabuhan Kota Gaza dan dua lokasi pedesaan di sepanjang perbatasan Israel-Lebanon.

HRW juga mewawancarai dua orang yang menggambarkan serangan di Gaza, kata kelompok hak asasi manusia tersebut.

HRW mengatakan, penggunaan fosfor putih di daerah padat penduduk melanggar kewajiban Israel berdasarkan hukum internasional untuk mengambil semua tindakan pencegahan guna menghindari kerugian terhadap warga sipil.

Baca Juga:  Dukungan Mahasiswa AS untuk Palestina Menginspirasi Dunia

“Setiap kali fosfor putih digunakan di kawasan padat penduduk, hal itu menimbulkan risiko tinggi luka bakar yang parah dan penderitaan seumur hidup,” kata Lama Fakih, Direktur HRW untuk Timur Tengah dan Afrika Utara, dalam sebuah pernyataan hari Rabu.

Israel harus melarang semua penggunaan amunisi fosfor putih “semburan udara” di wilayah berpenduduk tanpa kecuali, kata kelompok hak asasi manusia tersebut. (T/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.