Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

HRW Ungkap Penyiksaan Israel terhadap Petugas Medis Palestina 

Arina Islami Editor : Bahron Ansori - Selasa, 27 Agustus 2024 - 04:34 WIB

Selasa, 27 Agustus 2024 - 04:34 WIB

15 Views

CNN merilis gambar-gambar yang bocor dari kamp penyiksaan Israel Sde Teiman di gurun al-Naqab tempat Zionis melakukan kejahatan berat terhadap warga Palestina. (Foto: CNN)

Gaza, MINA – Human Rights Watch (HRW) mengungkapkan dalam sebuah laporan terbaru bahwa sejak Oktober 2023, pasukan pendudukan Israel telah menahan petugas medis Palestina di Gaza, menahan mereka di penjara Israel dan menjadikan mereka sasaran penyiksaan serta penganiayaan.

HRW melaporkan, penahanan yang terjadi di tengah serangan Zionis Israel yang terus berlanjut terhadap rumah sakit di Gaza, semakin memperburuk keadaan sistem perawatan kesehatan di wilayah itu. Al Mayadeen memberitakan, Senin (26/8).

Organisasi Hak Asasi Manusia itu menyebut, mantan tahanan, termasuk dokter, perawat, dan paramedis, telah melaporkan penganiayaan berat saat berada dalam penjara Israel.

Kisah mereka mencakup pengalaman penghinaan, pemukulan, stres, pemborgolan dan penutupan mata dalam waktu lama, serta penolakan perawatan medis.

Baca Juga: Protes Netanyahu, Keluarga Sandera Mengikat Diri Di Tel Aviv

Selain itu, mereka menggambarkan kejadian penyiksaan, termasuk pemerkosaan dan pelecehan seksual, serta kondisi yang tidak memadai bagi populasi tahanan pada umumnya.

“Perlakuan buruk pemerintah Israel terhadap petugas kesehatan Palestina terus berlanjut secara diam-diam dan harus segera dihentikan,” kata Balkees Jarrah, penjabat direktur Timur Tengah di Human Rights Watch (HRW).

“Penyiksaan dan perlakuan buruk lainnya terhadap dokter, perawat, dan paramedis harus diselidiki secara menyeluruh dan diberi hukuman yang sesuai, termasuk oleh Mahkamah Kriminal Internasional (ICC),” tambahnya.

Dari Maret hingga Juni 2024, HRW mewawancarai delapan petugas medis Palestina yang dibawa oleh militer Zionis Israel dari Gaza antara November dan Desember 2023.

Baca Juga: Cedera Psikologis Tentara Isreal Meningkat 172 Persen

Para pekerja ini ditahan tanpa dakwaan selama periode mulai dari tujuh hari hingga lima bulan. Enam dari mereka ditahan saat bekerja, setelah pengepungan rumah sakit oleh Israel atau selama evakuasi yang mereka pastikan dikoordinasikan dengan militer Israel.[]

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: PBB: Tidak Ada Bukti Jejak Hamas di Sekolah yang Diserang Israel

Rekomendasi untuk Anda