Hubungan Antara Iman dan Amanah

Oleh: Ali Farkhan Tsani, Redaktur Senior Kantor Berita MINA, Da’i Pondok Pesantren Al-Fatah Cileungsi, Bogor.

 

Secara bahasa kata-kata dan berasal dari akar kata yang sama yaitu alif (ุง), mim (ู…), nun (ู†) yang memiliki pangkal makna aman, tenteram, percaya, tidak merasa takut.

Iman tidak terwujud sempurna kalau tidak ada amanah. Begitu juga sebaliknya, amanah ditunaikan karena adanya rasa iman. Rasa aman dan ketenangan pun tidak akan terealisasi kalau tidak ada iman dan amanah.

Konsekuensi logisnya, seorang mukmin yang tidak amanah diragukan kesahihan imannya. Demikian pula seseorang yang amanah tapi tidak beriman, amanahnya adalah lipstik yang didasari atas kepentingan pribadi, politis, duniawi, atau kepentingan tersembunyi.

Karena itu, kekuatan iman melahirkan sikap amanah, sehingga, tidak sempurna iman seseorang yang tidak bisa memegang amanah. Karena itu, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam menandaskan:

ย ู„ุงูŽ ุฅููŠู’ู…ูŽุงู†ูŽ ู„ูู…ูŽู†ู’ ู„ุงูŽ ุฃูŽู…ูŽุงู†ูŽุฉูŽ ู„ูŽู‡ู

Artinya : โ€œTidak ada keimanan bagi seorang yang tidak amanah!โ€. (HR Ahmad).

Demikian pula belum dikatakan beriman, atau mengaku beriman, manakala keluarganya, tetangganya, saudaranya, dan lingkungannya tidak merasa aman dari gangguan tangan, lisan, dan perbuatannya. Sampai-sampai baginda Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam bersumpah tiga kali memperingatkan hal tersebut.

ูˆูŽุงู„ู„ู‡ู ู„ุงูŽ ูŠูุคู’ู…ูู†ูุŒ ูˆูŽุงู„ู„ู‡ู ู„ุงูŽ ูŠูุคู’ู…ูู†ู ูˆูŽุงู„ู„ู‡ู ู„ุงูŽ ูŠูุคู’ู…ูู†ู. ู‚ููŠู’ู„ูŽ : ู…ูŽู†ู’ ูŠูŽุง ุฑูŽุณููˆู’ู„ูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุŸ ู‚ูŽุงู„ูŽ : ุงูŽู„ูŽู‘ุฐููŠ ู„ุงูŽ ูŠูŽุฃู’ู…ูŽู†ู ุฌูŽุงุฑูู‡ู ุจูŽูˆูŽุงุฆูู‚ูŽู‡ู

Artinya: โ€œDemi Allah, ia tidak beriman! Demi Allah, ia tidak beriman!โ€ Lalu seseorang bertanya, โ€œSiapakah gerangan wahai Rasulullah?โ€ Beliau menjawab, โ€œOrang yang tetangganya tidak merasa aman dari kelakuan buruknya.โ€ Lalu orang bertanya lagi, โ€œTingkah laku buruknya apa?โ€ Beliau menjawab, โ€œSikapnya yang menyakitkan.โ€ (HR Bukhari).

Seseorang yang sedang mendapatkan amanah berupa jabatan di suatu instansi, pemimpin di masyarakat, guru, wartawan, suatu pekerjaan, suatu titipan, hingga sebagai kepala keluarga di rumah tangga, ibu rumah tangga atau apapun. Tentu akan dimintai pertanggungjawaban atas amanah yang diembannya tersebut. Manakala ia dapat menunaikan amanah dengan sebaik-baiknya, jujur, adil, dan ikhlas. Maka baginya pahala berlipat ganda.

Namun sebaliknya, manakala ia melalaikan amanah tersebut dengan berbuat curang, korup, pilih kasih dan mencari pujian manusia semata. Maka, sia-sialah amalannya di akhirat, sementara di dunia ia mendapat kecaman dari manusia.

Maka, terhadap amanah ini, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam memesankan betul agar para pemberi amanah dapat memilih orang yang tepat di tempat yang pas _(the right man on the right place)_. Dalam arti profesional, bertanggung jawab, dan sanggup menekuni amanahnya karena Allah. Sebab kalau tidak demikian, maka tunggulah kehancurannya dalam amanah tersebut alias kegagalannya!

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam memperingatkan:

ุฅูุฐูŽุง ุถููŠูู‘ุนูŽุชู ุงู’ู„ุฃูŽู…ูŽุงู†ูŽุฉู ููŽุงู†ู’ุชูŽุธูุฑู ุงู„ุณูŽู‘ุงุนูŽุฉูŽ. ู‚ูŽุงู„ูŽ: ูƒูŽูŠู’ููŽ ุฅูุถูŽุงุนูŽุชูู‡ูŽุง ูŠูŽุง ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ู‡ูุŸ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ุฅูุฐูŽุง ุฃูุณู’ู†ูุฏูŽ ุงู’ู„ุฃูŽู…ู’ุฑู ุฅูู„ูŽู‰ ุบูŽูŠู’ุฑู ุฃูŽู‡ู’ู„ูู‡ู ููŽุงู†ู’ุชูŽุธูุฑู ุงู„ุณูŽู‘ุงุนูŽุฉูŽ.

Artinya : โ€œJika amanah telah disia-siakan, maka tunggu saja kehancurannya.โ€ Seorang sahabat bertanya, โ€œBagaimana maksud amanah disia-siakan?โ€ Beliau menjawab, โ€œJika urusan diserahkan bukan kepada ahlinya, maka tunggulah kehancuran ituโ€. (HR Bukhari).

Semog kita dapat menuaikan apa yang menjadi amanah kita masing-masing dalam bimbingan Allah. Aamiin. (A/RS2/P2)

 

Miโ€™raj News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.