HUT RI, Pegiat Lingkungan Bersih-bersih Pantai Banda Aceh

Banda Aceh, MINA – Memperingati Hari Ulang Tahun Ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia, puluhan mahasiswa pegiat lingkungan yang tergabung dalam organisasi Sahabat Laut melakukan kegiatan pembersihan dan riset sampah plastik di pesisir pantai Ulee Lheu, tepatnya di belakang Mesjid Baiturahim Ulee Lheu, Banda Aceh, Ahad (18/08)

Koordinator Sahabat Laut, Crisna Akbar mengatakan, kegiatan yang bertema “Menghadap Laut 2.0 Besih-Bersih Pantai dan Audit Sampah Plastik” tersebut diikuti oleh sekitar 35 orang peserta perwakilan dari berbagai  perguruan tinggi, organisasi mahasiswa, individu, termasuk perwakilan mahasiswa Ilmu Kelautan.

Ia menyebutkan, kegiatan ini merupakan agenda tahunan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan yang diinisiasi oleh pandulaut.id. ; yang dilakukan serentak di 74 titik di seluruh Indonesia.

“Rencananya agenda ini akan dilakukan rutin setiap tahunnya, dengan harapan dapat dijadikan data untuk penyadar tahuan kepada masyarakat,” lanjutnya.

Crisna berharap, kegiatan tersebut dapat menjadi kampanye dan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya sampah yang terdapat pesisir, baik bahaya untuk hewan laut maupun untuk kesehatan masyarakat yang mengkonsumsinya.

“Agenda ini merupakan agenda kedua yang dilakukan sejak tahun 2018,” tutupnya. (L/AP/P1 )

Mi’raj News Agency (MINA)