Hutan Lindung Lereng Gunung Slamet Kembali Terbakar

Brebes, MINA – Setelah sempat padam, api kembali berkobar membakar kawasan hutan lindung di lereng Gunung Slamet di wilayah kabupaten Tegal, Kabupaten Brebes dan Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Administratur PT Perhutani KPH Pekalongan Barat, Gunawan Catur HR mengatakan, api yang semula sempat padam di wilayah Brebes tepatnya di lereng wilayah Kecamatan Sirampog, kembali berkobar akibat tiupan angin yang kencang.

“Sudah lima hari ini kebakaran terjadi, sempat padam setelah dilakukan penyekatan, tapi kembali muncul titik api akibat angin kencang di malam hari,” katanya, Sabtu (21/9).

Aparat TNI melakukan pemadaman sisa-sisa bara api yang membakar kawasa hutan lindung di Gunung Slamet Jawa Tengah (Foto: Zaenal/MINA)

Hutan yang terbakar merupakan hutan lindung di lereng-lereng yang terjal. Upaya pemadaman terus dilakukan melalui penyekatan dengan membuat ilaran atau parit agar api tidak terus menjalar.

“Pemadaman hanya dengan membuat ilaran atau parit dan hanya itu yang dapat dilakukan,” ungkap Gunawan.

Pemadaman dilakukan oleh sekitar 600 relawan yang terdiri dari TNI-Polri, Perhutani, BPBD, PMI dan lainya, termasuk warga masyarakat. Secara keroyokan upaya pemadaman dilakukan dari wilayah Tegal, Brebes dan Banyumas.

“Kebakaran ini tidak hanya di wilayah Brebes, tapi juga Tegal dan Banyumas, jadi semua turun untuk dapat memadamkan api,” kata Gunawan.

Untuk wilayah Brebes luasan lahan yang terbakar sekitar 20 hektar, dan berada di lereng-lereng yang cukup curam. Untuk menuju ke lokasi hanya bisa ditempuh dengan jalan kaki sekitar satu dua jam.

“Medannya cukup sulit untuk menjangkau, besok BPBD akan rapat dengan pihak terkait untuk ambil ambil tindakan pemadaman yang tepat karena ini lima hari kebaran berlangsung,” kata Gunawan.

Bupati Brebes, Hj Idza Priyanti pada Sabtu (21/9) terjun langsung dan menyemangati para relawan yang melakukan upaya pemadaman. Menurutnya, pihaknya mendukung sepenuhnya upaya pemadaman yang dilakukan aparat TNI-Polri dan relawan.

“Kami siapkan segala keperluan yang dibutuhkan untuk mendukung TNI-Polri dan relawan yang sedang berupaya melakukan pemadaman,” katanya kepada wartawan di Posko penanggulangan bencana kebakaran di Dukuh Kaliwadas Desa Dawuhan Kecamatan Sirampog.

Pemkab Brebes melalui BPBD menyiapkan logistik untuk para relawan. Dinas Kesehatan dengan petugasnya juga telah stanby untuk melayani para relawan dan juga warga sekitar.

“Kita semua saling mendukung agar kebakaran ini dapat secepatnya teratasi,” kata Idza yang juga sempat menuju ke lokasi untuk melihat langsung di titik kebakaran, tapi belum sampai yang dituju, karena kondisi yang tidak memungkinkan. (L/B05/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)