IBUKOTA YAMAN TERANCAM PERANG SEKTARIAN

Tentara Yaman lakukan operasi di cekpoint di jalanan Sanaa (Foto: Al Arabiya)
Tentara lakukan operasi di cekpoint di jalanan (Foto: Al Arabiya)

San’a, 24 Dzulqa’dah 1435/19 September 2014 (MINA) – Sanaa, ibukota Yaman, terancam perang sektarian disebabkan kelompok oposisi bersanjata Houthi semakin menguasai daerah-daerah di sekitar ibukota.

Al Jazeera melaporkan dari Sanaa, sebagaimana yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), oposisi Haouthi yang mengontrol penuh distrik Shamlan dan Wadi Dhahr dan bergerak menuju jantung kota Sanaa.

“Beberapa pejuang Houthi sekarang di ibukota,” lapor Al Jazeera, sementara pasukan keamanan pemerintah tampak berada di sela-sela pertempuran antara oposisi dan pejuang pro-pemerintah.

Kemajuan oposisi itu terjadi setelah sepekan kerusuhan di kota, massa Houthi telah memblokir jalan utama ke bandara.

Dalam beberapa hari terakhir, Houthi menargetkan bangunan milik Universitas Iman yang telah dikepung.

“Ini adalah sesuatu yang sangat serius. Ini bisa mendorong partai Islah memobilisasi rakyatnya sendiri dan itu bisa mengakibatkan perang sektarian habis-habisan di sini, di ibukota,” lapor Al Jazeera.

Warga distrik Shamlan mengatakan, Houthi telah bergerak di sepanjang Jalan Thalatheen, rute utama ke tepi barat Sanaa.

Satu sumber militer mengatakan, para pejuang Houthi juga menyerang sebuah kamp militer di pintu masuk selatan Sanaa, tapi tentara memukul mundur serangan.

Houthi yang termasuk aliran Syiah Zaidi, telah terlibat dalam konflik selama satu dekade dengan pemerintah yang didominasi oleh kalangan Sunni. Mereka berjuang untuk lebih banyak mengontrol wilayah di utara.

Setidaknya 50 orang tewas dalam bentrokan yang melibatkan oposisi Houthi di berbagai bagian negara itu sejak Selasa lalu. (T/P001/R03)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

 

Comments: 0