ICMI Ajak Masyarakat Rajut Kembali Persatuan

Jakarta, MINA – Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) mengajak masyarakat untuk kembali merajut tali persatuan usai rampungnya Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019.

Hal itu disampaikan Ketua Umum ICMI, Prof Jimly Asshiddiqie saat memberikan sambutan pada acara Halal Bihalal bertema “Rekonsiliasi Untuk Bangsa” di Hotel Westina, Jakarta Selatan, Jumat (5/7).

Pantauan MINA di lokasi, sejumlah tokoh tampak hadir seperti Wakil Presiden RI sekaligus Ketua Dewan Penasehat ICMI Pusat Jusuf Kalla, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan, Wasekjen MUI Amirsjah Tambunan hingga Sekjen ICMI Mohammad Jafar Hafsah.

“Melihat konstalasi politik yang demikian dinamis itulah, ICMI menyerukan kedua kubu yang bertarung di Pilpres untuk segera rekonsiliasi. Begitu pula dengan tim sukses dan pendukung dari masing-masing kubu,” kata Jimly.

Ia mengatakan, Pemilu 2019 terutama kontestasi Pilpres yang cukup memakan waktu berbulan-bulan tersebut, juga banyak menimbulkan berbagai fitnah, ujaran kebencian, saling beradu emosi, hingga penyebaran berita bohong alias hoaks.

“Negara kita yang tercinta ini, negara dengan salah satu sistem demokrasi terbaik dunia, telah menyelenggarakan pemilu serentak 2019 dengan baik meski ada berbagai macam dinamika yang terjadi, tapi kita patut bersyukur karena kita telah melewati itu semua,” katanya.

Oleh karena itu, kata Jimly, ICMI mengajak mengajak seluruh elemen masyarakat Indonesia untuk kembali bersatu, melupakan semua perbedaan pilihan politik pada saat kontestasi Pilpres.

“ICMI juga menyerukan untuk semangat kerukunan dan rasa persaudaraan sesama anak bangsa, sehingga para pemimpin yang sudah dipercayakan rakyat untuk memimpin bangsa ini 5 tahun kedepan, betul-betul amanah dalam mengemban tugasnya,” katanya. (L/R06/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)