ICMI Imbau Masyarakat Bantu Korban Gempa Bumi Lombok

Jakarta, MINA – Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia () menyampaikan keprihatinan dan duka yang mendalam kepada warga di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), khususnya di Lombok yang mengalami gempa bumi dalam sepekan terakhir.

“ICMI turut berduka cita kepada masyarakat NTB terkait bencana alam gempa bumi yang terjadi,” kata Sekretaris Jenderal ICMI, Jafar Hafsah dalam keterangan pers yang diterima MINA, Selasa (7/8).

“Kami mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk saling membantu terhadap korban bencana alam gempa bumi di NTB agar beban kesulitan yang dirasakan dapat berkurang.”

“ICMI mengajak semua komponen masyarakat untuk saling bekerja sama dalam membantu korban bencana gempa bumi yang terjadi di NTB,” imbau Jafar.

Ia  juga mengapresiasi  kesigapan aparatur terkait dalam penanganan korban gempa bumi di provinsi NTB.

Menurut Jafar, tindakan aparat terkait yang cepat ikut mendukung kecilnya dampak akibat bencana alam gempa bumi yang terjadi di NTB. Apalagi, tambah Jafar, turut dibantu oleh banyak lembaga kemanusiaan dan warga lainnya sehingga penanganan akibat gempa bumi semakin cepat.

Dalam sepekan terakhir Provinsi NTB diguncang bencana alam gempa bumi pada Ahad (29/7) dan Ahad (5/8). Gempa bumi pertama terjadi berkekuatan 6,4 skala richter kemudian disusul dengan besar 7,0 skala richter.

Berdasarkan data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), jumlah korban jiwa akibat bencana gempa bumi Ahad (5/8) sebanyak 91 orang meninggal dunia dan 209 orang luka-luka.

Wilayah Kabupaten Lombok Utara merupakan lokasi dengan jumlah korban jiwa terbanyak yaitu 72 orang meninggal dunia dan 64 orang luka-luka. (R/R09/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.