ICMI Minta Tokoh Umat Beragama Perbaiki Hubungan

Ketua Umum Ikatan Cendikiawan Muslim Se-Indonesia Jimly Assiddiqie (tengah). (Foto: Fauziah/MINA)

Jakarta, MINA – Ikatan Cendekiawan Muslim (ICMI) se-Indonesia minta seluruh umat dan tokoh agama bersama-sama memperbaiki hubungan demi Indonesia yang tetap aman dan nyaman.

“Kita mengimbau supaya hubungan antar umat bergama diperbaiki dan dimulai dari tokoh-tokoh. Jangan hanya berpikir pendekatan benar salah dalam hubungan antar agama. Tapi juga harus kita lihat pelajaran baik buruk,” kata Ketua Umum ICMI Jimly Asshiddiqie di Jakarta, Rabu (18/10).

Ia menambahkan, dialog antar juga perlu terus dilakukan, dan dalam dialog ketika tidak ditemukan masalah yang benar atau salah disesuaikan saja dengan keyakinan masing-masing.

Menurut Jimly, bangsa Indonesia dikenal plural, maka kunci toleransi adalah saling dialog agar tidak terjadi perpecahan. Tidak hanya dialog antar umat beragama saja, tetapi antar tokoh dalam satu agama.

“Jadi kita baik untuk saling mempelajari apa yang sama di antara kita dan apa yang berbeda. Tapi yang beda jangan disama-samakan dan sama jangan dibeda-bedakan. Dengan cara demikian kita bisa saling mengerti hubungan satu dengan yang lain dan itulah dialog yang diperlukan untuk meredamkan ketegangan,” katanya. (L/R08/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: habibi

Editor: Bahron Ansori

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.