Ikatan Tauhid Palestina dan Yaman dalam Al-Quran

Oleh: Ali Farkhan Tsani, Duta AL-QUDS, Alumni Muassasah Al-Quds , Redaktur Senior MINA

Al-Qur`an telah mengabadikan kisah masuknya bangsa Yaman ke dalam agama Islam dan lingkaran iman yang sekaligus menandai terjalinnya hubungan agung antara dua bangsa yakni dan Yaman. Meskipun dari sisi geografis cukup berjauhan, kedua bangsa menjadi dekat karena ikatan iman dan tauhid yang satu, yakni menyembah Allah.

Allah berfirman dalam surat An-Naml ayat 22-24:

ููŽู…ูŽูƒูŽุซูŽ ุบูŽูŠู’ุฑูŽ ุจูŽุนููŠุฏู ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุฃูŽุญูŽุทุชู ุจูู…ูŽุง ู„ูŽู…ู’ ุชูุญูุทู’ ุจูู‡ู ูˆูŽุฌูุฆู’ุชููƒูŽ ู…ูู† ุณูŽุจูŽุฅู ุจูู†ูŽุจูŽุฅู ูŠูŽู‚ููŠู†ู. ุฅูู†ู‘ููŠ ูˆูŽุฌูŽุฏุชู‘ู ุงู…ู’ุฑูŽุฃูŽุฉู‹ ุชูŽู…ู’ู„ููƒูู‡ูู…ู’ ูˆูŽุฃููˆุชููŠูŽุชู’ ู…ูู† ูƒูู„ู‘ู ุดูŽูŠู’ุกู ูˆูŽู„ูŽู‡ูŽุง ุนูŽุฑู’ุดูŒ ุนูŽุธููŠู…ูŒ. ูˆูŽุฌูŽุฏุชู‘ูู‡ูŽุง ูˆูŽู‚ูŽูˆู’ู…ูŽู‡ูŽุง ูŠูŽุณู’ุฌูุฏููˆู†ูŽ ู„ูู„ุดู‘ูŽู…ู’ุณู ู…ูู† ุฏููˆู†ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ูˆูŽุฒูŽูŠู‘ูŽู†ูŽ ู„ูŽู‡ูู…ู ุงู„ุดู‘ูŽูŠู’ุทูŽุงู†ู ุฃูŽุนู’ู…ูŽุงู„ูŽู‡ูู…ู’ ููŽุตูŽุฏู‘ูŽู‡ูู…ู’ ุนูŽู†ู ุงู„ุณู‘ูŽุจููŠู„ู ููŽู‡ูู…ู’ ู„ูŽุง ูŠูŽู‡ู’ุชูŽุฏููˆู†ูŽ.

Artinya : โ€œMaka tidak lama kemudian , lalu ia berkata: “Aku telah mengetahui sesuatu yang kamu belum mengetahuinya; dan kubawa kepadamu dari negeri Sabaย  suatu berita penting yang diyakini. Sesungguhnya aku menjumpai seorang wanitaย  yang memerintah mereka, dan dia dianugerahi segala sesuatu serta mempunyai singgasana yang besar. Aku mendapati dia dan kaumnya menyembah matahari, selain Allah; dan syaitan telah menjadikan mereka memandang indah perbuatan-perbuatan mereka lalu menghalangi mereka dari jalan , sehingga mereka tidak dapat petunjuk. โ€œ

Bilqis binti Sharahil, begitu sebagian riwayat tarikh menyebutkan, adalah ratu penduduk Saba (di Yaman), yang kemudian dilaporkan oleh burung Hud-Hud kepada Nabi Sulaiman โ€˜Alaihis Salam (di Baitul Maqdis, Palestina). Nabi Sulaiman โ€˜Alaihi Salam pun menyerukan Bilqis dan kaumnya agar masuk Islam.

Maka berlangsunglah kontak antara kedua bangsa yang diabadikan Al-Qur`an melalui pos kilat dan terpercaya (Hud-Hud) yakni antara bangsa Palestina dan Yaman jauh sebelum keberadaan telekomunikasi modern saat ini. Hal ini membuktikan kedekatan kedua bangsa meskipun jarak geografi antara keduanya mencapai ribuan kilo meter yang tergolong jauh untuk ukuran masa itu. Hud-hud telah membawa pos Nabi Sulaiman โ€˜Alaihi Salam dari Palestina ke Yaman.

Umat manusia tidak akan pernah lagi menyaksikan dan mengalami terulangnya peristiwa serupa meskipun pada masa penggunaam pos merpati untuk tujuan surat menyurat antara dua wilayah yang berjarak jauh. Merpati tidak akan pernah mencapai tingkat keistimewaan yang dilakukan Hud-Hud.

Peristiwa istimewa ini tidak hanya berhenti hingga masuknya Bilqis ke jalan Allah, akan tetapi dibarengi pula dengan mu`jizat yang luar biasa dengan berpindahnya singgasana Bilqis di Mareb, Yaman ke Baitul Maqdis di Palestina dalam waktu sekejap.

Hal ini dijelaskan Allah dalam surat An-Naml ayat 38-40:

ู‚ูŽุงู„ูŽ ูŠูŽุง ุฃูŽูŠู‘ูู‡ูŽุง ุงู„ู…ูŽู„ูŽุฃู ุฃูŽูŠู‘ููƒูู…ู’ ูŠูŽุฃู’ุชููŠู†ููŠ ุจูุนูŽุฑู’ุดูู‡ูŽุง ู‚ูŽุจู’ู„ูŽ ุฃูŽู† ูŠูŽุฃู’ุชููˆู†ููŠ ู…ูุณู’ู„ูู…ููŠู†ูŽ. ู‚ูŽุงู„ูŽ ุนููู’ุฑูŠุชูŒ ู…ู‘ูู†ูŽ ุงู„ู’ุฌูู†ู‘ู ุฃูŽู†ูŽุง ุขุชููŠูƒูŽ ุจูู‡ู ู‚ูŽุจู’ู„ูŽ ุฃูŽู† ุชูŽู‚ููˆู…ูŽ ู…ูู† ู…ู‘ูŽู‚ูŽุงู…ููƒูŽ ูˆูŽุฅูู†ู‘ููŠ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ู„ูŽู‚ูŽูˆููŠู‘ูŒ ุฃูŽู…ููŠู†ูŒ. ู‚ูŽุงู„ูŽ ุงู„ู‘ูŽุฐููŠ ุนูู†ุฏูŽู‡ู ุนูู„ู’ู…ูŒ ู…ู‘ูู†ูŽ ุงู„ู’ูƒูุชูŽุงุจู ุฃูŽู†ูŽุง ุขุชููŠูƒูŽ ุจูู‡ู ู‚ูŽุจู’ู„ูŽ ุฃูŽู† ูŠูŽุฑู’ุชูŽุฏู‘ูŽ ุฅูู„ูŽูŠู’ูƒูŽ ุทูŽุฑู’ูููƒูŽ ููŽู„ูŽู…ู‘ูŽุง ุฑูŽุขู‡ู ู…ูุณู’ุชูŽู‚ูุฑู‘ุงู‹ ุนูู†ุฏูŽู‡ู ู‚ูŽุงู„ูŽ ู‡ูŽุฐูŽุง ู…ูู† ููŽุถู’ู„ู ุฑูŽุจู‘ููŠ ู„ููŠูŽุจู’ู„ููˆูŽู†ููŠ ุฃูŽุฃูŽุดู’ูƒูุฑู ุฃูŽู…ู’ ุฃูŽูƒู’ููุฑู ูˆูŽู…ูŽู† ุดูŽูƒูŽุฑูŽ ููŽุฅูู†ู‘ูŽู…ูŽุง ูŠูŽุดู’ูƒูุฑู ู„ูู†ูŽูู’ุณูู‡ู ูˆูŽู…ูŽู† ูƒูŽููŽุฑูŽ ููŽุฅูู†ู‘ูŽ ุฑูŽุจู‘ููŠ ุบูŽู†ููŠู‘ูŒ ูƒูŽุฑููŠู…ูŒ

Artinya: โ€œBerkata Sulaiman: “Hai pembesar-pembesar, siapakah di antara kamu sekalian yang sanggup membawa singgasananya kepadaku sebelum mereka datang kepadaku sebagai orang-orang yang berserah diri”.Berkata ‘Ifritย  dari golongan jin: “Aku akan datang kepadamu dengan membawa singgsana itu kepadamu sebelum kamu berdiri dari tempat dudukmu; sesungguhnya aku benar-benar kuat untuk membawanya lagi dapat dipercaya”.Berkatalah seorang yang mempunyai ilmu dari AI Kitab : “Aku akan membawa singgasana itu kepadamu sebelum matamu berkedip”. Maka tatkala Sulaiman melihat singgasana itu terletak di hadapannya, iapun berkata: “Ini termasuk kurnia Tuhanku untuk mencoba aku apakah aku bersyukur atau mengingkari. Dan barangsiapa yang bersyukur maka sesungguhnya dia bersyukur untuk dirinya sendiri dan barangsiapa yang ingkar, maka sesungguhnya Tuhanku Maha Kaya lagi Maha Mulia”.

Al-Qur`an dalam surat Saba ayat 12 menyebutkan hal itu:

ูˆูŽู„ูุณูู„ูŽูŠู’ู…ูŽุงู†ูŽ ุงู„ุฑู‘ููŠุญูŽ ุบูุฏููˆู‘ูู‡ูŽุง ุดูŽู‡ู’ุฑูŒ ูˆูŽุฑูŽูˆูŽุงุญูู‡ูŽุง ุดูŽู‡ู’ุฑูŒ ูˆูŽุฃูŽุณูŽู„ู’ู†ูŽุง ู„ูŽู‡ู ุนูŽูŠู’ู†ูŽ ุงู„ู’ู‚ูุทู’ุฑู ูˆูŽู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ุฌูู†ู‘ู ู…ูŽู†ู’ ูŠูŽุนู’ู…ูŽู„ู ุจูŽูŠู’ู†ูŽ ูŠูŽุฏูŽูŠู’ู‡ู ุจูุฅูุฐู’ู†ู ุฑูŽุจู‘ูู‡ู ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ูŠูŽุฒูุบู’ ู…ูู†ู’ู‡ูู…ู’ ุนูŽู†ู’ ุฃูŽู…ู’ุฑูู†ูŽุง ู†ูุฐูู‚ู’ู‡ู ู…ูู†ู’ ุนูŽุฐูŽุงุจู ุงู„ุณู‘ูŽุนููŠุฑู

Artinya: โ€œDan Kami (tundukkan) angin bagi Sulaiman, yang perjalanannya di waktu pagi sama dengan perjalanan sebulan dan perjalanannya di waktu sore sama dengan perjalanan sebulan dan Kami alirkan cairan tembaga baginya. Dan sebahagian dari jin ada yang bekerja di hadapannyaย  dengan izin Tuhannya. Dan siapa yang menyimpang di antara mereka dari perintah Kami, Kami rasakan kepadanya azab neraka yang apinya menyala-nyala.โ€

Maka bersatulah dua wilayah tersebut di bawah naungan iman, sehingga Yaman saat itu dapat disebut sebagai bagian dari Kerajaan Sulaiman โ€˜Alaihi Salam. Kemudian terciptalah kehidupan makmur di antara dua kawasan ini dengan ramainya pemukiman-pemukiman sepanjang dua wilayah tersebut.

Hal ini ditegaskan Allah dalam surat Saba ayat 18:

ูˆูŽุฌูŽุนูŽู„ู’ู†ูŽุง ุจูŽูŠู’ู†ูŽู‡ูู…ู’ ูˆูŽุจูŽูŠู’ู†ูŽ ุงู„ู’ู‚ูุฑูŽู‰ ุงู„ู‘ูŽุชููŠ ุจูŽุงุฑูŽูƒู’ู†ูŽุง ูููŠู‡ูŽุง ู‚ูุฑู‹ู‰ ุธูŽุงู‡ูุฑูŽุฉู‹ ูˆูŽู‚ูŽุฏู‘ูŽุฑู’ู†ูŽุง ูููŠู‡ูŽุง ุงู„ุณู‘ูŽูŠู’ุฑูŽ ุณููŠุฑููˆุง ูููŠู‡ูŽุง ู„ูŽูŠูŽุงู„ููŠูŽ ูˆูŽุฃูŽูŠู‘ูŽุงู…ู‹ุง ุกูŽุงู…ูู†ููŠู†ูŽ

Artinya: โ€œDan Kami jadikan antara mereka dan antara negeri-negeri yang Kami limpahkan berkat kepadanya, beberapa negeri yang berdekatan dan Kami tetapkan antara negeri-negeri itu perjalanan. Berjalanlah kamu di kota-kota itu pada malam hari dan siang hari dengan aman.โ€

Nabi Muhammad Shallallahu โ€˜Alaihi Wasallam juga menyebutkan bahwa โ€œAl-Imaan fil Yamaan, wal hikmah Yamaanโ€, (iman ada di negeri Yaman, dan hikmah ada di Yaman).

Penulis menyaksikan secara langsung ketika Penulis menimba ilmu di Muโ€™assasah Al-Quds Ad-Dauly Shanaa, Yaman, kampus yang dikenal dalam bidang perjuangan Al-Quds, betapa pemikiran dan perjuangan bangsa Palestina disupport dari negeri Yaman.

Banyak generasi muda Palestina yang tinggal di Yaman, ratusan atau bisa jadi ribuan, yang menimba ilmu sampai tingkat doktor di negeri Saba itu.

Itulah ikatan tauhid antara Yaman dan Palestina. Maka, dalam perjuangan merebut Palestina dari Zionis Israel, Yaman dikenal sebagai salah satu basis para pejuang Palestina di luar negaranya. Dan kini nasibnya tercabik-cabik oleh deru perang yang banyak mengorbankan warga sipil, termasuk para tokoh dan pejuang pembebasan Al-Aqsha, Palestina, yang โ€˜terpaksaโ€™ pergi ke tempat lain, untuk meneruskan perjuangan panjang pembebasan Palestina. (RS2/P1)

Sumber: Perjuangan Palestina Masa Kini Indonesia Yaman Al-Quds. Dr. Musthafa Luthfi dan Hasanah Mustahafa,Lc. AWG Press, 2011.

Miโ€™raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Ali Farkhan Tsani

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.