Imaam Yakhsya: Gapai Bahagia Melalui Jalan yang Sulit

Sawangan, MINA – Imaamul Muslimin Yakhsyallah Mansur dalam kesempatan tasyakur Kemerdekaan-RI ke-74 di Rumah Al-Balad mengatakan, untuk mencapai kebahagiaan maka ummat Islam harus mau melewati jalan yang sulit.

Imaam Yakhsyallah mengatakan, seseorang harus siap berjuang menghadapi tantangan dan berbagai kesulitan kehidupan yang kebanyakan manusia tidak mau menghadapi dan menempuhnya karena kecenderungan manusia hanya mau menghadapi dan menempuh hal-hal yang mudah saja.

Padahal, apabila tantangan dan berbagai kesulitan tersebut dihadapi dan diatasi, maka seseorang secara personal dan masyarakat akan sukses di dunia dan akhirat dan mendapat ridha Allah Subhanahu wa taala.

Hal ini berdasarkan rangakaian ayat dalam surah Al Balad yang banyak berbicara tentang masalah sosial.

Rangkaian ayat dalam surah Al Balad mengajarkan bahwa untuk menggapai kejayaan dan kebahagiaan, maka harus sanggup menempuh berbagai jalan yang sulit.

“Sebuah bangsa jika ingin maju, maka harus mau melewati jalan yang sulit sebagaimana dalam surah Al balad itu,” kata Imaam Yakhsyallah.

“Ada lima jalan sulit menurut surah Al-Balad, yaitu memerdekakan budak, pemberian makan pada hari kelaparan, pemberian makan kepada anak yatim, mengentaskan kemiskinan dan kefakiran, serta beriman dan saling berpesan dengan kesabaran dan kasih sayang,” ujarnya.

Imaam juga menegaskan, mengurus anak yatim adalah tugas kita, karena jika tidak diperhatikan Dan diurus maka akan menumbuhkan masalah sosial. (L/Ast/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)