Imaam Yakhsyallah: Muhasabah Menyempurnakan Amal

Cileungsi, Kab. Bogor, MINA – Imaamul Muslimin Yakhsyallah Mansur mengatakan, bahwa muhasabah menjadi cara agar amal shaleh menjadi sempurna.

“Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam Al-Qu’ran memerintahkan kepada orang-orang beriman untuk senantiasa melakukan muhasabah agar amal ibadah menjadi lebih baik dan meningkat di waktu mendatang,” kata Imaam Yakhsyallah dalam kajian Taklim di Auditorium Muhyiddin Hamidy, Cileungsi, Bogor, Selasa (4/10).

Sementara Umar bin Khattab juga mengatakan, belum dikatakan sebagai amal yang sempurna jika belum dilakukan evaluasi (muhasabah).

Perintah muhasabah dalam Al-Quran bisa dibaca dalam surah Al-Hasyr ayat ke 18.  “Ayat tersebut, bisa dipahami bahwa dalam kehidupan sehari-hari umat Islam diperintahkan untuk melakukan perbuatan baik dan selalu melakukan evaluasi,” ujarnya.

Ia juga menegaskan, evaluasi diri sangat penting sekali dilakukan umat Islam. Tentu seperti yang dilakukan para sahabat, yaitu Umar Bin Khattab menjadi inspirasi umat Islam.

Imaam Yakhsyallah menghimbau umat Islam agar melalukan evaluasi diri karena sangat penting, dengan melakukan evaluasi maka akan meningkatkan produktifitas, baik dari sisi kualitas maupun kuantitas.

Dalam ilmu manajemen, dikenal istilah POAC (planning, organizing, actuating dan controlling). Maka Islam menyempurnakannya dengan muhasabah. (L/ZM/R4/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)