Imaam Yakhsyallah Jelaskan Lima Jenis Nikmat yang Diberikan Allah

Imaam Yakhsyallah Mansur memberi tausiyah kepada wartawan di Kantor Berita MINA di Jakarta, Kamis, 1 Juni 2023. (Foto: Rudi Hendrik/MINA)

Jakarta, MINA – Imaam Jama’ah Muslimin (Hizbullah)  Yakhsyallah Mansur mengungkapkan bahwa ada lima jenis yang diberikan Allah SWT kepada manusia, yaitu nikmat fitriya, kasbiya, alamiya, diniya, dan ukhrawi.

“Nikmat fitriya adalah nikmat yang Allah beri tanpa diminta. Contohnya hidung, mata, telinga, lidah dan lainnya,” kata dalam tausiyahnya kepada para jurnalis  Kantor Berita MINA di Jakarta, Kamis (1/6).

Adapun nikmat kasbiya, kata Imaam Yakhsyallah, nikmat yang didapat oleh manusia dengan berusaha, seperti ilmu dan rezeki.

“Nikmat alamiya adalah nikmat yang Allah berikan berupa potensi alam, seperti matahari. Nikmat diniya yaitu nikmat berupa agama,” katanya.

Menurutnya, manusia memerlukan agama. Dia mencontohkan beberapa negara yang kini mengandalkan TKI Indonesia karena negara tersebut mengalamai krisis generasi, semakin banyak warganya yang tidak mau memiliki anak.

“Kelima nikmat ukhrawi, yaitu nikmat yang belum dirasakan tapi wajib diyakini akan terjadi,” katanya. (L/RI-1/R2)

Mi’raj News Agency (MINA)