Imaam Yakhsyallah Jelaskan Makna Al-Jama’ah Secara Ilmiah

Semarang, MINA – Imaam Yakhsyallah Mansur  menjelaskan makna Al-Jama’ah dalam konteks ilmiah kepada para jamaah masjid Al-Hikmah, Semarang.

“Kita tegaskan bahwa ilmiah adalah apa-apa yang sesuai dengan Al-Quran. Al-Qura pasti benarnya, sejak dulu, sekarang sampai yang akan datang,” kata Imaam Yakhsyallah kepada Jamaah Masjid Al-Hikmah Semarang, Sabtu (2/10).

Lebih lanjut, Imaam Yakhsyallah menjelaskan, ilmiah adalah yang sesuai dengan realita. “Jadi, kalau tidak riil, sesuai kenyataan, berarti belum disebut ilmiah,” jelasnya.

Imaam menguraikan, kehidupan Al-Jamaah adalah kumpulan orang-orang Muslim yang ingin melaksanakan ajaran Islam dengan bersama-sama.

“Hal itu jelas merupakan perintah Allah dalam Al-Quran, sekaligus kebutuhan manusia sebagai makhluk sosial,” jelasnya.

Banyak ayat-ayat Al-Quran yang memerintahkan secara tekstual maupun isyarat bahwa hidup seorang Muslim harus berjamaah. Dalam surah Al-Fatihah saja, banyak ayat mengisyaratkan, diantaranya dari huruf ba dalam kata bismillah.

Huruf bi dalam bismillah mengandung beberapa arti, antara lain: dekat tanpa jarak, bersama-sama (berjamaah), saling menolong dan memberi kebaikan. (L/R8/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.