Imaam Yakhsyallah: Jurnalis dalam Islam adalah Pekerjaan Mulia

Jakarta, 3 Rajab 1438/1 April 2017 () –  Imaamul Muslimin mengatakan, menjadi seorang jurnalis dalam Islam adalah pekerjaan yang mulia karena Allah menyebutkan dalam surat Al-Qalam ayat pertama yang berbunyi “nun wal qalami wa maa yasturun”.

Menurut pemimpin wadah persatuan umat Islam yang mengikuti sunah kekhilafahan, (Hizbullah), dalam ayat pertama itu Allah menyebut tiga sumpah untuk masing-masing kata.

“Nun (tinta), demi kalam, dan apa yang mereka tulis, menunjukan betapa dahsyatnya menjadi seorang penulis dalam hal ini jurnalis,” ujar Imaam Yakhsyallah saat memberikan nasihat di depan wartawan Kantor Berita Islam MINA (Mi’raj Islamic News Agency) di Jakarta, Sabtu (1/4).

Melihat dari itu, ia menyerukan pada jurnalis Muslim untuk menyampaikan kebenaran Islam dalam tulisan-tulisannya.

“Ajaran dan teladan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasalalm masih dikerjakan umat Islam hingga hari ini. Padahal awalnya, Rasulullah terlahir di lingkungan tidak bisa baca tulis, di lingkungan yang tidak ramah, masa kecilnya pun sebagai penggembala. Namun Rasul mampu membuat perubahan yang tidak mungkin menjadi mungkin,” tegasnya.

Yakhsyallah melanjutkan, oleh karenanya menjadi jurnalis Muslim adalah tugas yang mulia dan berat, menghadapi perubahan “yang tidak mungkin menjadi mungkin”, yang sudah diambil alih barat, karena mereka bersungguh-sungguh bekerja untuk itu.

“Padahal kita yang punya Allah, harusnya kita jauh lebih dari itu,” tambahnya.

Menjadi orang yang mengabdikan hidupnya sebagai pembawa pesan haruslah ditanamkan secara aqidah dalam diri jurnalis Muslim.  Karena amanah yang besar tersebut, jurnalis dituntut tidak sembarang menyampaikan pesan yang belum bisa dipastikan kebenarannya (hoax) atau yang sekarang menjadi kekhawatiran di tanah air. (L/RE1/RS2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.