Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Imaam Yakhsyallah Mansur Sampaikan Enam Poin untuk Pencari Ilmu

kurnia - Senin, 21 Agustus 2023 - 19:02 WIB

Senin, 21 Agustus 2023 - 19:02 WIB

9 Views ㅤ

Imaam Muslimin bersama santri-wati Pondok Pesantren Al-Fatah Singkawang

Pontianak, MINA – Imaam Yakhsyallah Mansur menyampaikan enam poin untuk para pencari ilmu terutama santri-wati Pondok Pesantren Al Fatah Singkawang, Pontianak, Kalimantan Barat, pada Senin (21/8).

Enam pesan tersebut disampaikan saat apel santri-wati Ponpes Al-Fatah Singkawang, di antaranya sebagai berikut;

Pertama, Kecerdasan adalah orang yang cerdas adalah orang yang bisa menahan hawa nafsunya, yang paling banyak beramal untuk mengingat kematian dan paling baik dalam mempersiapkan bekal untuk menghadapi kehidupan setelah kematian.

Kedua, Ketekunan adalah orang yang bekerja secara teratur, mampu menahan rasa bosan/jemu, dan mau belajar dari kesalahan (orang lain maupun dirinya) di masa lalu agar tidak terulang kembali. Ketekunan merupakan modal utama untuk suksesnya perbuatan yang kita lakukan.

Baca Juga: Dompet Dhuafa Gandeng Titimangsa, Suguhkan Teater Musikal tentang Palestina

Ketiga, Kesabaran jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu amat berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu’.” (QS Al-Baqarah: 45).

“Bisa kalian lihat bahwa sabar itu memiliki manfaat untuk diri kita, coba kalian selalu membiasakan dalam kegiatan sehari-hari dengan sabar,” ujar Imaam Yakhsyallah Mansur.

Keempat, bermodal ilmu yang berkah dan manfaat adalah yang bisa memberikan banyak kebaikan bagi sesama. Itu karenanya menuntut ilmu adalah bagian.

Kelima, petunjuk guru, orang berilmu yang harus benar-benar dihormati selagi apa yang disampaikannya merupakan kebenaran dan sesuai ajaran Islam.

Baca Juga: Imbas Gempa Garut-Bandung, 14 Perjalanan Kereta Whoosh Dibatalkan

Keenam, waktu yang tidak sebentar dalam ajaran Islam diajarkan bahwa kehidupan dunia hanyalah sebentar ibarat seseorang meneguk air dan itu tidak perlu waktu berjam-jam.

Jumlah santri-wati Ponpes Al-Fatah Singkawang Kalbar, ada sekitar 695 terdiri dari Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) Madrasah Aliyah dan Tahfidzul Qur’an. (L/SK/R4/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Gempa M5 Guncang Bandung, Tidak Potensi Tsunami

Rekomendasi untuk Anda

MINA Millenia
Indonesia
Indonesia
Tausiyah
Indonesia
MINA Preneur
Khadijah
MINA Health