Imaam Yakhsyallah: Mencari Kebaikan itu Rahmat

Semarang, MINA – Imaam Yakhsyallah Mansur mengatakan semua makhluk hidup di bumi dan alam semesta diberikan rezeki oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala sebagai bentuk sifat rahman-Nya, termasuk kita semua diberi kesempatan dan kemampuan mencari kebaikan adalah bentuk rahmat kasih-sayang-Nya.

“Karena Allah memiliki sifat Rahman dan Rahim, maka semua makhluk diberi rizki. Temasuk sifat rahman-Nya memberi kesempatan kepada manusia mencari kebaikan,” kata Imaam Yakhsyallah kepada Jama’ah Masjid Al-Hikmah Semarang, Ahad (3/10).

Ia menjelaskan, setiap makhluk yang bernyawa diberi rahmat oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala berupa rizki yang dijamin, terlepas dari mereka yang mau tunduk menyembah Allah atau tidak, semunya diberi jatahnya dengan sempurna.

Salah satu contoh bentuk kasih sayang Allah adalah setiap orang yang meminum air putih, baik itu orang beriman maupun orang kafir pasti di kasih rasa segar setelah meminumnya itulah bentuk rahmat Allah.

Imaam Yakhsyallah yang asalnya adalah warga Semarang itu menjelaskan, dalam Al-Quran setidaknya ada 14 jenis rahmat yaitu: rahmat berupa agama Islam (Q.S. Al-Baqorah 105), rahmat Surga, rahmat hujan (Q.S Al-‘Arof 57), rahmat nikmat (Q.S. Al-Kahfi 65), rahmat kenabian (Q.S. Shod 65) rahmat Al-Quran (Q.S Yunus 58), rahmat Rizki (Al-Isro 28, 8), rahmat pertolongan dan kemenangan (Q.S Ahzab 17),  rahmat sehat wal afiat (QS Al-zumar [39]: 38), rahmat cinta (Q.S. Ar-rum 21) rahmat keimanan (Q.S. Hud 28), rahmat taufik (Q.S. Al-Baqorah 68), rahmat Nabi Isa (Q.S. Maryam 19) dan rahmat Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wasallam (Q.S. Al-Ambiya 127)

“Karena Allah Subhanahu wa Ta’ala telah mengajarkan kasih sayang, maka mari kita sesama manusia saling mencintai dan menyayangi,” pesan Imaam Yakhsyallah. (L/R8/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)