Imaam Yakhsyallah: Pemikir Muslim Tawarkan Alternatif Pemecahan Masalah

Bogor, MINA – Imaam Mansur dalam khutbah pada Rabu (17/7) dini hari mengatakan, para pemikir Muslim hendaknya menawarkan alternatif pemecahan permasalahan manusia.

“Pemikir Muslim sebagai generasi ulul albab hendaknya memadukan tafakur dan tasyakur,” ujarnya di Masjid At-Taqwa Kompleks Pesantren Al-Fatah Pasirangin, Cileungsi, Bogor.

Tafakur artinya merenungkan ciptaan Allah, sehingga menghasilkan sains. Sedangkan tasyakur, bermakna memanfaatkan karunia Allah dalam bentuk teknologi untuk mengabdi kepada masyarakat.

“Di sinilah generasi ulul albab selalu berusaha merumuskan dan menawarkan strategi dan alternatif pemecahan masalah,” ujar Yakhsyallah.

Selain itu, para pemikir ulul albab juga senantiasa menjaga diri dengan rajin malam serta tidak merasa takut kecuali kepada Allah, imbuhnya.

Imaam Yakhsyallah juga menganjurkan jamaah untuk memperbanyak istighfar, bersedekah dan berdoa.

Ratusan jamaah mengikuti shalat gerhana bulan (khusuf) tersebut, dengan rakaat pertama Imaam membaca surat A-Kahfi dan Yasin. Sedangkan rakaat kedua surat Al-Qomar dan Al-Waqiah.

Shalat gernaha juga dilakukan warga Jama’ah Muslimin (Hizbullah) di daerah-daerah, seperti di Pemalang, Batam, Madiun, Lampung, Pontianak, dan lainnya. (T/RS2/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.