Imaam Yakhsyallah: Tiga Alasan Umat Islam Wajib Bebaskan Al-Aqsa

Imaam Yaksyallah melepas peserta gerak jalan Cinta Al-Aqsa. (Foto: MINA)

Bekasi, MINA – Imaam Jama’ah Muslimin (Hizbullah) KH Yakhsyallah Mansur menjelaskan tiga alasan mengapa umat Islam memiliki tanggung jawab untuk membebaskan Masjidil Aqsa yang hingga detik ini masih dikuasai oleh bangsa Israel.

“Ada tiga alasan mengapa umat Islam seluruh dunia wajib membebaskan Masjid Al-Aqsa,” ujar Imaam Yaksyallah saat memberikan sambutan untuk para peserta gerak jalan cinta Al-Aqsa di Bekasi, Ahad (15/4).

Imaam Yakhsyallah menjelaskan, sebab pertama sebagai kewajiban agama. Masjidil Aqsa adalah milik umat Islam. Oleh karena itu umat Islam seluruhnya memiliki tanggung jawab membebaskan Masjidil Aqsa sebagaimana tertera dalam surat Al Isra ayat 1.

Alasan kedua, kata Imaam, sebagai kewajiban kemanusiaan. Umat Islam adalah umat terbaik dan bertanggung jawab terhadap seluruh umat yang ada di bumi tanpa pandang agama, tanpa pandang bangsa, tanpa pandang suku.

“Hal ini sebagaimana firman Allah dalam surat Al-Anbiyaa “dan tidaklah aku mengutus engkau (Muhammad) kecuali untuk menjadi rahmat bagi semesta alam,” katanya.

Ketiga, kata Imaam, sebagai tugas konstitusional di mana negara kita dibebaskan oleh umat Islam dan umat-umat yang lain. Bahkan dalam pembukaan UUD 1945 disebutkan bahwa penjajahan di atas dunia harus dihapuskan.

“Sesuai amanat preamboule UUD 1945, maka kewajiban kita adalah menjaga kedamaian dan keamanan di dunia ini,” katanya. (L/R06/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)