Imaam Yakhsyallah : Tiga Perintah dan Tiga Larangan Pembawa Bahagia

Bekasi, MINA – Imaam Yaksyallah Mansur, mengatakan, tiga perintah atau perbuatan yang mulia dan tiga larangan  perbuatan buruk, harus dihindari agar membawa kebahagiaan.

Hal itu disampaikan Imaamul Muslimin , pada acara Tausiyah Sore yang disiarkan  Rasil TV dalam program kajian Tafsir Maudhu’i dengan tema ” Tiga Perintah Dan Tiga Larangan Pembawa Bahagia”, Sabtu (19/12).

Imaam mengatakan, tiga perbuatan mulia yang diperintakan Allah yakni : Pertama, adil, dengan pengertian manusia berbuat adil walaupun terhadap diri sendiri atau kepada orang tua dan kerabat sendiri.

Kedua, ikhsan dalam artian engkau beribadah seakan-akan melihat Allah dan engkau tidak melihatnya, yakinlah Allah melihatnya.

Ketiga, menyambung atau memperhatikan kerabat yaitu dengan menyambung silaturahim dan memenuhi kehidupan mereka sebelum memperhatikan orang lain.

Selanjutnya, tiga hal yang dilarang atau harus dijauhi agar mendapat kebahagiaan yaitu: Pertama, fahsya atau perbuatan keji yang merusak pergaulan dan keturunan seperti, minum-minuman keras, zina, korupsi dan lain sebagainya.

Kedua, mungkar atau sesesuatu yang tidak dapat diterima oleh akal baik manusia seperti membunuh, memukul, menembak ataupun menyiksa.

“Jangan melihat orang lain, tapi lihat diri sendiri apakah kita berbuat mungkar atau tidak,” ujarnya.

Ketiga, melampaui batas atau memusuhi orang lain.

“Maka apabila itu ditinggalkan, orang akan bahagia dunia dan akhirat,” jelasnya.

“Kebahagiaan itu sifatnya semu dan hanya sementara, mari kita kembalikan kebahagiaan sesuai tuntunan Allah dan Rasulnya,” pesannya. (L/SH/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)