IMAGE 2017 Kuatkan Kerjasama Ekonomi Indonesia-Timur Tengah

(Foto: Kemlu)

 

Bandung, MINA – Direktorat Timur Tengah, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengadakan program tahunan Indonesia-Middle East Annual Gathering on Economy (IMAGE) 2017 yang di buka pada Senin (9/10) lalu di Gedung Sate, Bandung.

Penyelenggaraan ini merupakan bagian dari upaya diplomasi yang dilakukan oleh Kementerian Luar Negeri dalam menjembatani keinginan daerah untuk mencari berbagai peluang kerjasama ekonomi dengan berbagai pihak di luar negeri.

Tercatat sebanyak 52 pengusaha dari berbagai negara di Timur Tengah berpartisipasi pada kegiatan tersebut, jumlah peserta terbesar selama tujuh tahun penyelenggaraan IMAGE. Mereka berasal dari latar belakang business line yang berbeda seperti consumer goods, makanan, perdagangan umum, fashion, furniture, perhotelan, konstruksi, hingga bahan bangunan.

Kegiatan pokok yang dilaksanakan pada kegiatan IMAGE ini mencakup Forum Bisnis (presentasi potensi dan peluang investasi Jawa Barat), one-on-one business meeting dengan para pengusaha Jawa Barat serta pameran produk kerajinan dan kunjungan lapangan ke berbagai sentra industri, fashion show. Kegiatan lainnya, kunjungan ke  Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati guna melihat peluang investasi di kawasan kota baru pendukung BIJB, Aerocity di Kabupaten Majalengka.

Sebagaimana laman Kemlu yang dikutip MINA, kegiatan IMAGE ini diharapkan dapat memfasilitasi terwujudnya kesepakatan-kesepakatan bisnis yang saling menguntungkan antara Jawa Barat dan Timur Tengah.

Sebelum kegiatan IMAGE dimulai, pada 7 Oktober 2017 lalu telah dilakukan penandatanganan MoU kerja sama Sister Province antara Provinsi Jawa Barat dan Negara Bagian Khartoum, Sudan. Selanjutnya pada 11 Oktober 2017, telah dilakukan penandatanganan MoU kerja sama antara KADIN Provinsi Jawa Barat dan KADIN Alger.

Sebagai pusat industri nasional dengan sektor manufaktur dan jasa yang berkembang pesat, dan potensi komoditas yang beragam, Jawa Barat diyakini dapat menawarkan banyak peluang kerja sama kepada para pengusaha Timur Tengah baik di sektor perdagangan, investasi, dan pariwisata.  ​

Kegiatan IMAGE 2017 juga diharapkan dapat memberikan sumbangsih yang konkret dan berarti bagi pembangunan ekonomi di Provinsi Jawa Barat dan dapat membuahkan hasil transaksi perdagangan/bisnis yang signifikan.

Turut hadir dalam pembukaan IMAGE 2017, Gubernur Jawa Barat, Staf Ahli Diplomasi Ekonomi dan Direktur Timur Tengah, Kementerian Luar Negeri, sejumlah Duta Besar negara Timur Tengah di Jakarta, Duta Besar RI di Negara-negara Timur Tengah, dan para pengusaha dari Timur Tengah. (R/R09/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.