Imam Al-Azhar, Paus Fransiskus Komitmen Atasi Perubahan Iklim

Vatikan, MINA – Imam Besar Al-Azhar Dr. Ahmed El-Tayeb, Pemimpin Gereja Katolik Paus Fransiskus dan pemimpin-pemimpin agama lain menandatangani sebuah seruan bersama tentang perubahan iklim di Vatikan, Roma, Italia

Pertemuan bertajuk Vatican’s”Faith and Science: Towards COP26 Summit” tersebut  diadakan untuk menyambut Konferensi Perubahan Iklim PBB (COP26) di Glasgow, Skotlandia pada November 2021, demikian dikutip dari una-oic.org, Rabu (6/10).

Dalam pidatonya, Dr. El-Tayeb mengecam setiap kegiatan yang berdampak negatif terhadap lingkungan atau memperburuk perubahan iklim.

Imam Al-Azhar, Paus Fransiskus dan para pemimpin agama lain berjanji untuk memimpin umatnya masing-masing agar berprilaku yang lebih berkelanjutan.

“Kami telah mewarisi sebuah taman; kami tidak boleh meninggalkan gurun untuk anak-anak kami,” kata seruan itu, yang ditandatangani pada upacara resmi di Istana Apostolik sebelum diserahkan kepada ketua konferensi COP26, Alok Sharma.

Para pemimpin agama mendesak solusi efektif untuk menyelamatkan bumi dari krisis ekologi yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Mereka juga meminta negara maju dan berkembang agar mengurangi resiko yang ditimbulkan oleh perubahan iklim dan mempromosikan nilai-nilai etika bersama untuk mengatasinya. (T/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)