Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Imam Masjid Istiqlal: Keutamaan Ramadan Sebagai Pelebur Dosa

kurnia - Selasa, 12 Maret 2024 - 15:32 WIB

Selasa, 12 Maret 2024 - 15:32 WIB

5 Views ㅤ

Jakarta, MINA – Imam besar Masjid Istiqlal Jakarta KH Nasaruddin mengatakan bahwa salah satu keutamaan bulan Ramadan adalah sebagai pelebur dosa-dosa.

“Puasa atau asyiam berarti al-imsak, artinya menjinakkan, membatasi, membuat jarak, inilah yang membuat umat terdahulu ingin sekali menjadi umat Nabi Muhammad SAW,” kata Nasaruddin dalam khutbah Shalat Terawih di channel Youtub Masjid Istiqlal, Senin (11/3).

Di juga mengatakan, dalam Al-Quran dan hadits puasa berarti menahan diri tidak makan, tidak minum, tidak berhubungan suami istri.

“Inilah yang disebut puasa, puasanya orang awam. Sekadar menahan diri tidak makan dan minum, tidak melakukan hubungan suami istri, ini sering diajarkan pendidikan formal kita,” ujarnya.

Baca Juga: Sebanyak 1.562 Peserta Lulus Uji Kompetensi Calon Mahasiswa Al Azhar Mesir

Ia menuturkan, ada puasa yang disebut puasa thariqah. Puasa ini berarti menahan seluruh anggota badan secara lahir maupun batin.

“Ini adalah puasa yang dilakukan orang yang sedang berjalan, melakukan perjalanan spiritual untuk menghampiri, untuk menyatu dengan Tuhan,” katanya.

Puasa ini bukan cuma membatasi diri tidak makan, minum, dan berhubungan suami istri. Namun pertama dia membatasi mulutnya berbicara, semakin banyak kita bicara, semakin mengikis pahala.

Masjid Istiqlal, Masjid terbesar di Asia Tenggara terletak di Kawasan Sawah Besar Jakarta Pusat ini juga menggelar ibadah tarawih, buka bersama, jika pada 10 hari terakhir masjid Istiqlal akan menyediakan sahur dan buka bersama bagi warga. kini akan ada 4.000 boks takjil yang disediakan pihak pengelola. (R/R4/P2)

Baca Juga: Prof Asrorun Niam: Tujuan Fatwa untuk Kemaslahatan Hakiki

Mi’raj News Agency (MINA)

Rekomendasi untuk Anda

Indonesia
MINA Millenia
Indonesia
Indonesia
Indonesia